Pemerintah Kabupaten Simeulue, Aceh, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengembangkan objek wisata Danau Laut Tawar guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten kepulauan tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Simeulue Asmanuddin didampingi Kepala Bidang Destinasi Dedi Redovin di Simeulue, Jumat, mengatakan objek wisata Danau Laut Tawar berada di Desa Bulu Hadek, Kecamatan Teluk Dalam.

"Kami juga sudah mengeluarkan rekomendasi pengelolaan objek wisata Danau Laut Tawar, sehingga destinasi pariwisata itu mampu tertata dengan baik serta menjadi wisata andalan Kabupaten Simeulue," kata Asmanuddin.

Terkait dengan dana pengelolaan dan penataan wisata danau tersebut, kata Asmanuddin, pihaknya sudah mengusulkan kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Asmanuddin mengatakan jika objek wisata danau tersebut dikelola dengan baik, maka akan banyak mendatangkan wisatawan, baik lokal maupun luar daerah, termasuk mancanegara.

Menurut Asmanuddin, Danau Laut Tawar memiliki keindahan pesona alamnya. Selama ini, destinasi wisata danau tersebut dikelola masyarakat dengan keterbatasan yang ada.

"Danau Laut Tawar merupakan satu-satunya objek wisata danau di Kabupaten Simeulue. Objek wisata itu dikelola masyarakat setempa, namun masih dalam kondisi terbatas," kata Asmanuddin.

Selain itu, Asmanuddin akses jalan ke lokasi danau yang berjarak 48 kilometer dari Kota Sinabang, ibu kota Simeulue, sudah dibangun. Kini, tinggal fasilitas pendukung objek wisata yang perlu dibenahi.

"Kami berharap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mendukung pengembangan wisata Danau Laut Tawan. Jika objek wisata itu tertata dengan baik, kami yakin perekonomian masyarakat meningkat," kata Asmanuddin.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022