Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Syiah Kuala (KKN-Unsyiah) mendirikan Sekolah Ceria di Gampong Nicah Awe, Kecamatan Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur dalam upaya meningkatkan pendidikan di usia dini.

"Sekolah ceria ini akan aktif selama mahasiswa KKN Unsyiah, pendirian ini juga tidak terlepas belum adanya Taman Pendidikan Al Quran di gampong tersebut," kata Ketua Kelompok KKN Unsyiah Syakir Daulay dihubungi di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan sekolah ceria yang didiran mahasiswa KKN tersebut  menerapkan sistem belajar yang menarik dan lebih santai dengan tidak mengenyampingkan penerapan pendidikan.

"Sistem pembelajaran di Sekolah Ceria dibuat senyaman mungkin sehingga anak-anak tidak bosan. Tema yang kita buat untuk Sekolah Ceria ini adalah bermain sambil belajar kita tingkatkan kepedulian pendidikan anak," kata Syakir.

Menurut dia kegiatan tersebut mendapat sambutan yang baik dari masyarakat setempat dan melalui program tersebut diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk mengingat betapa pentingnya dunia pendidikan bagi anak-anak.

"Kami berharap setelah program KKN selesai masyarakat dapat melanjutkan program ini guna meningkatkan taraf pendidikan bagi generasi setempat," katanya.

Sekretaris Gampong/Desa Nicah Awe, Razali berharap agar mahasiswa KKN tersebut bisa memberikan yang terbaik untuk desa terutama bidang pendidikan dan keterampilan.

"Masyarakat berharap pada mahasiswa KKN untuk memberikan yang terbaik bagi desa kami, terutama bidang keterampilan seperti pelatihan membuat kerajinan tangan dan pendidikan seperti TPA dan bimbingan belajar," katanya

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016