Maskapai penerbangan nasional Lion Air (kode penerbangan JT) telah membantu keberangkatan 77 kontingen wartawan asal Provinsi Aceh pada Senin (21/ 11). 

"Kebijakan yang dilakukan Lion Air sebagai upaya mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (PORWARNAS) XIII di Malang, Jawa Timur," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis diterima ANTARA, Selasa.

Danang menjelaskan, rombongan wartawan asal Provinsi Aceh tersebut diterbangkan menggunakan pesawat Lion Air JT-205 pukul 11.30 WIB dengan rute Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO) tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta di Tangerang, Banten (CGK).

Baca juga: Lion Air terbangkan kontingen PWI Aceh ke Surabaya setelah sempat tertunda di KNIA

Kemudian penerbangan dilanjutkan tujuan akhir Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB) bernomor JT-696 dengan jadwal pukul 15.30 WIB.

Danang menjelaskan, menurut laporan yang diterima dan setelah melakukan proses koordinasi guna mencapai solusi terbaik, sebelumnya kontingen PWI Aceh terjebak mengalami kemacetan di titik longsor Bukit Seumadam, Jalan Nasional Aceh – Sumatera Utara (Sumut), Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang pada Sabtu – Minggu, 19-20 November 2022.

Baca juga: Ketua PWI Aceh apresiasi anggota DPR RI dan senator Aceh

Sedangkan jadwal penerbangan rombongan tersebut harusnya diberangkatkan pada Minggu (20/ 11) pukul 05.30 WIB, dengan rute Kualanamu – Surabaya dengan Lion Air.

Namun hingga pukul 03.30 WIB pada Minggu (20/11) rombongan masih berada di Bukit Seumadam, Kabupaten Aceh Tamiang.

Kemudian kontingen tersebut melaporkan kepada petugas Lion Air di Bandar Udara Internasional Kualanamu pada Pukul 11.00 WIB. 

Baca juga: Tiba Terakhir, PB Porwanas sambut kontingen Aceh dengan selempang Arema dan Persebaya

Hasil koordinasi dilakukan bersama perwakilan kontingen. Secara aktual, tidak dapat diberangkatkan pada hari yang sama (20/ 11) dikarenakan semua penerbangan Lion Air Group yang menghubungkan Kualanamu tujuan akhir Surabaya (direct flight and connecting flight) status pembukuan (tingkat keterisian penumpang) adalah penuh (full book).

Kemudian pihaknya memberangkatkan kontingen wartawan asal Provinsi Aceh pada Senin (21/ 11). 

"Lion Air berserta afiliasi maskapai penerbangan mengucapkan selamat melaksanakan perhelatan (seremonial dan pertandingan) PORWARNAS XIII di Malang yang diikuti oleh kontingen dari 34 Provinsi di Indonesia," demikian Danang Mandala Prihantoro.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022