Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Aceh membagikan sebanyak 476 paket olahan ikan bagi warga Sabang, langkah tersebut sebagai salah satu upaya mencegah stunting di kota setempat.

"Pembagian paket olahan ikan ini merupakan kegiatan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang saat ini gencar dilakukan oleh DKP bersama DPRA," kata Kabid Perikanan Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Abdus Syakur, di Sabang, Rabu.

Kegiatan yang sama sebelumnya juga telah dilaksanakan di Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireuen, Pidie, dan Aceh Besar dengan sasaran menurunkan stunting dan sekaligus meningkatkan Angka Konsumsi Ikan (AKI).

Abdus Syakur menyampaikan, program Gemarikan tersebut untuk mengatasi stunting, dan langkah ini memang membutuhkan gerakan bersama dan kolaborasi lintas sektor.

Menurut Syakur, penyebab stunting tidak saja dipengaruhi asupan gizi tetapi juga sanitasi dan air bersih. 

"DKP berupaya mengatasi stunting dari aspek konsumsi ikan, dan hari ini bersama DPRA kita membagikan sebanyak 476 paket olahan ikan kepada warga Sabang yang mengikuti Safari Gemarikan," ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRA Muchlis Zulkifli ST mengatakan, ke depan akan lebih diprioritaskan untuk program makan ikan di kawasan Sabang. 

"Jangan ada stunting di kawasan pesisir. Apalagi laut merupakan kawasan pesisir yang memiliki banyak potensi perikanan," demikian Syakur.

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022