Komisi Independen Pemilihan (KIP/KPU) Kabupaten Simeulue, Aceh, menyatakan sebanyak 470 calon panitia pemilihan kecamatan (PPK) Pemilu 2024 mengikuti ujian tertulis menggunakan sistem computer assisted test (CAT)

Ketua Divisi Sumber Daya Manusia, Sosialisasi, dan Partisipasi Masyarakat KIP Kabupaten Simeulue Rajian Saleh di Simeulue, Selasa, mengatakan ujian CAT dilakukan di dua lokasi terpisah.

"Ujian CAT dilaksanakan selama dua hari, yakni 6 dan 7 Desember 2022 di SMA 2 dan SMK 2 Kecamatan Simeulue Timur Simeulue," kata Rajian Saleh menyebutkan.

Menurut Rajian Saleh, tes tertulis menggunakan komputerisasi tersebut dilakukan guna mengukur kemampuan masing-masing calon berkaitan dengan pemahaman kebangsaan dan pengetahuan kepemiluan. 

"Dengan begitu PKK yang terpilih diharapkan punya komitmen dan integritas yang baik untuk menjalankan agenda demokrasi yang akan dilaksanakan Februari 2024," kata Rajian Saleh.

Rajian Saleh mengatakan mereka yang dinyatakan lulus ujian CAT adalah mereka dengan nilai tertinggi. Setelah lulus CAT, maka akan mengikuti tes selanjutnya yakni wawancara. 

Nilai dari hasil dua seleksi tersebut akan digabungkan untuk kemudian ditentukan lima orang yang akan menjadi anggota PPK dan lima orang sebagai cadangan.

"Jumlah keseluruhan anggota PPK yang direkrut sebanyak 50 orang. Mereka akan bertugas di 10 kecamatan di Kabupaten Simeulue. Masing-masing kecamatan dipilih lima orang," kata Rajian Saleh.

Sementara itu, Anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabbupaten Simeulue Rajumin mengatakan pihaknya turut memantau dan mengawasi seleksi calon Anggota PPK tersebut.

"Kami berharap proses seleksi berjalan sesuai aturan. Apabila ada permasalahan, kami meminta KIP Kabupaten Simeulue segera koordinasi dengan Panwaslih, sehingga proses seleksi tidak melahirkan masalah," kata Rajumin.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022