Kualasimpang (ANTARA Aceh) - Pusat Pemberdayaan Masyarakat Pertamina (PPMP) merupakan lokomotif bagi penyalur dana Coorporate Social Responsibility (CSR) Pertamina EP Asset 1 Rantau Field. Peruntukan Capasity Building, Enviroment dan Penghijauan bagi masyarakat si Kabupaten Aceh Tamiang, provinsi Aceh.

Hal tersebut ditegaskan  L&R Assist Manager Pertamina Asset 1 Rantau Field, H Jufry kepada aceh.antaranews.com, kemarin. Dia menyebutkan bahwa PPMP merupakan pusat studi bagi para penerima manfaat dana CSR.

Sebelum dana tersebut dikucurkan, para calon penerima, terlebih dahulu dibekali dengan pelatihan keterampilan, yang sesuai dengan platform kegiatan yang diajukan kepada pihak pertamina. PPMP menggodok para pemgaju dengan berbagai pembekalan, tujuan ini dilakukan agar usaha yang akan mereka buka dapat berjalan dengan baik.

"Saat ini, kalau untuk home industry sudah banyak yang kita lakukan, ternak lele dan potensi pengembangan ternak lele tadi bisa buat kerupuk ikan, bakso ikan dan lain-lainnya. Itu kita pusatkan di wilayah Tanah Berongga, kecamatan Karang Baru. Hasilnya sungguh sangat memuaskan," jelas Jufry.

Kemajuan usaha kelompok tani tersebut bermula sejak pertengahan tahun 2011 PT Pertamina EP Rantau Field memberikan pelatihan budidaya ikan lele, mulai dari cara pembenihan sampai dengan pembesaran bahkan pendampingan untuk pemasaran sampai penguatan manajemen kelompok.

''Keberadaan budidaya ternak ikan lele ini harus tetap dibina dan dipertahankan,karena terkait dengan pemenuhan hajat hidup orang banyak. Kegiatan ini merupakan bentuk interaksi positif antara Pertamina EP dengan lingkungan Masyarakat yang dekat dengan wilayah operasi Perusahaan, serta diharapkan bisa menghidupkan lapangan kerja serta mendongkrak tingkat pendapatan ekonomi masyarakat," katanya.

Pewarta: Syawaluddin

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016