Atlet Taekwondo Kabupaten Aceh Tamiang pulang membawa tiga medali usai pada Pekan Olahraga Aceh (PORA) ke XIV tahun 2022 yang digelar di Kabupaten Pidie, Aceh.

"Cabor yang sudah selesai bertanding di PORA yaitu tim taekwondo dengan memperoleh hasil satu medali emas, satu perak dan satu perunggu," kata Ketua Kontingen Aceh Tamiang M Husen Dawud saat dihubungi dari Kuala Simpang, Sabtu.

Adapun atlet taekwondo Aceh Tamiang peraih emas adalah Debbie Clarissya Iskandar kategori kyorugi kelas 67kg.

Baca juga: Banda Aceh raih juara umum Wushu PORA XIV dengan Sembilan medali emas

Sementara atlet taekwondo peraih medali perak atas nama Syahrul Ardian kategori kyorugi kelas 68kg dan atlet peraih medali perunggu atas nama Ahmad Zaky kategori kyorugi kelas 74kg.

"Cabor taekwondo sudah pulang sampai di kampung halaman sejak tanggal 7 Desember 2022 setelah mengikuti pertandingan PORA selama lima hari," jelas Husen.

Selain taekwondo Cabor Tarung Derajat Aceh Tamiang juga berhasil menorehkan prestasi mendulang medali di ajang PORA XIV. 

Baca juga: Tuan rumah juara umum cabang olahraga teakwondo

"Atlet Tarung Derajat hari ini bertarung di babak final. Kalau pun kalah medali perak dipastikan sudah di tangan," sebutnya.

Pelatih Cabor Taekwondo Aceh Tamiang Syafruddin mengatakan atlet harus tetap semangat siap tempur, berjuang tanpa pamri demi merajut suatu prestasi.

"Alhamdulillah di PORA ini kami dapat satu emas, perak dan perunggu puas lah," ucap pria yang akrab disapa Sabem Saf ini.

Baca juga: Pemkab Pidie siap layani kontingen PORA

Menurut Sabem atlet taekwondo Debbie Clarissya Iskandar menyabet medali emas setelah menang melawan atlet Banda Aceh.

Sedangkan untuk dua medali masing-masing perak dan perunggu anak asuh Sabem Saf harus mengakui ketangkasan atlet tuan rumah Pidie saat bertarung di final maupun semi final harus menelan kekalahan.

"Usai di PORA Pidie kini kami harus fokus berlatih untuk persiapan berangkat Kejurnas Banten 15 Desember 2022, karena ada dua atlet kita lolos Kejurnas," ujarnya.

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022