Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq membuka secara resmi pameran foto kebencanaan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Provinsi Aceh.

Pembukaan pameran yang dirangkai perayaan HUT ke-85 LKBN Antara berlangsung di Kantor LKBN Antara Biro Aceh di Banda Aceh, Selasa. 

Pameran foto kebencanaan tersebut didukung Bank Aceh dan Medco, perusahaan migas di Kabupaten Aceh Timur. Kegiatan tersebut dihadiri mitra kerja LKBN Antara di antaranya utusan Forum BUMN Aceh.

Kemudian, utusan Penerangan Kodam Iskandar Muda, Ketua PWI Aceh, Ketua AJI Banda Aceh dan kalangan wartawan. Serta Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy yang diwakili Kasubbid PID Bidhumas Polda Aceh beserta staf.

Adapun foto-foto yang dipamerkan merupakan karya fotografer LKBN Antara saat bencana gempa dan tsunami Aceh pada 26 Desember 2004. Foto tersebut di antaranya foto Masjid Lampuuk, helikopter Angkatan Laut AS saat membagikan bantuan, dan lainnya. 

Kepala LKBN Antara Biro Aceh Azhari mengatakan pameran foto digelar menggusung tema Indonesia menyintas bencana. Indonesia merupakan negara rawan bencana, berada di lingkaran gunung berapi serta patahan antarbenua.

"Aceh pernah mengalami bencana dahsyat yang tercatat di era modern, yakni bencana gempa dan tsunami 26 Desember 2004. Pameran foto ini merekam tidak hanya bencana gempa dan tsunami Aceh, tetapi juga bencana-bencana lainnya di Indonesia," katanya. 

Selain menampilkan foto-foto kebencanaan, pameran foto tersebut juga untuk ajang pembelajaran, di mana masyarakat bisa belajar mitigasi bencana, sehingga kita siap menghadapi bencana yang datangnya tidak bisa diprediksi.

"Selain pameran foto kebencanaan, kami juga menggelar edukasi kebencanaan kepada pelajar di Banda Aceh. Edukasi kebencanaan tersebut bertujuan guna meningkatkan pemahaman pelajar dalam mitigasi bencana," kata Azhari.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022