Banda Aceh (Antara Aceh) - Bupati Aceh Tengah Nasaruddin mengingatkana Dinas Pendidikan di setempat tetap mengutamakan kompetensi guru daripada pembangunan fisik.

"Pembangunan fisik masih perlu tapi peningkatan kompetensi guru harus mendapat porsi yang lebih besar," katanya di sela-sela menerima audiensi dengan Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Aceh Tengah di ruang kerjanya di Takengon, Senin.

Ia menjelaskan pemberian porsi besar untuk meningkatkan kapasitas tenaga pendidik bukan berarti meninggalkan pembangunan fisik secara total di daerah Dataran Tinggi Gayo tersebut.

"Pembangunan fisik saat ini sudah relatif bagus, walaupun tidak pernah sempurna," katanya.

Ia mengatakan salah satu upaya meningkatkan kompetensi guru adalah melalui pelatihan yang dilakukan berkala terhadap berbagai bidang ilmu yang ditekuni oleh setiap guru.

"Pendidikan dan pelatihan guru mutlak dilaksanakan secara berkala, mengingat perlunya mengimbangi kemampuan guru dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang terus berkembang saat ini sesuai dengan perkembangan zaman," katanya.

Menurut dia kemajuan teknologi informasi sangat pesat dan guru dituntut untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut, sehingga berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dapat dipahami dengan baik oleh peserta didik.

"Kami yakin dengan meningkatkan kompetensi guru akan mampu melahirkan generasi terbaik, dan meraih prestasi di berbagai level akan tercapai di masa mendatang," demikian Nasaruddin.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016