Sabang (Antara Aceh) - Kementerian Pariwisata telah menunjuk Kota Sabang, Provinsi Aceh, sebagai tuan rumah pada penyelenggaraan Sail Indonesia tahun 2017.

"Pemerintah Pusat mendukung penuh Sail Indonesia tahun 2017 diselenggarakan di Sabang," kata Penasehat Kementerian Pariwisata Dwisuryo Indroyono pada acara rapat koordinasi wisata bahari Sabang, di Gapang Resort, Iboih, Sabang, Selasa.

Dwisuryo, Deputi Pariwisata RI, Dadang Rizki Ratman, Kepala BPKS Sabang, Fauzi Husien, dan Staf Ahli Pemerintah Aceh menjadi pemateri pada acara yang dihadiri ratusan pelaku usaha industri pariwisata se-Kota Sabang.

Rapat koordinasi wisata bahari Sabang juga turut dihari Deputi Kemenko Maritim, Kepala Pusat Penelitian Aseno Grafi LIPI Dr Dirham, Kadisbudpar Aceh Reza Fahlevi, dan sejumlah kepala SKPK se-Kota Sabang.

Dwisuryo menyatakan, Pemerintah Pusat siap menyukseskan Sabang Sail pertegahan tahun 2017 dan Pemerintah Kota Sabang diharapkan segera menginventarisir berbagai fasilitas umum untuk persiapan even tersebut.

"Diperkirakan ribuan wisatawan asing dan domestik akan hadir pada Sail Indonesia di Sabang dan kita harus benar-benar siap menyambut lonjakan kunjungan wisatawan kapan saja," ujarnya.

Sail Indonesia sebelumnya diadakan di Morotai, Maluku Utara tahun 2012, Komodo, Nusa Tenggara Timut tahun 2013, Raja Ampat, Papua Barat tahun 2014, dan Sail Tomini, Sulawesi Tengah, Oktober 2015.

"Pemerintah Kota Sabang paling lambat September 2016 harus mengusulkan apa saja yang dibutuhkan menyambut Sail Indonesia di Pulau Weh dan itu akan diusulkan dalam APBN 2017," sebutnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian terkait juga sudah menyatakan dukungannya untuk menyukseskan Sail Indonesia tahun 2017 di Sabang.

"Jadi ini harus direspon segera dan Pemerintah Pusat pasti mendukung, tapi kalau telat dari batas waktu tersebut saya tidak bertanggung jawab," katanya lagi.

Deputi Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki Ratman juga menyampaikan Pemerintah Kota Sabang harus bersama pelaku usaha pariwisata segera merespon dan mengkoordinasikan segala persiapan Sail Sabang dengan Pemerintah Pusat.

"Pemerintah Pusat sudah mendukung dan ini kesempatan bagi Pemerintah Kota Sabang dan para pelaku usaha industri pariwisata untuk mendorong meningkatkanya kunjungan para wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik, selain itu juga Sail Sabang dapat mendorong percepatan pertumbuhan industri pariwisata Sabang," katanya.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016