Komisi Independen Pemilihan (KIP/KPU) Kabupaten Simeulue menyatakan sebanyak 825 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kabupaten kepulauan itu dinyatakan lulus seleksi menggunakan sistem computer assisten test (CAT).

Ketua Divisi SDM, Sosialisasi, dan Partisipasi Masyarakat KIP Simeulue Rajian Saleh di Simeulue, Simeulue, mengatakan dari 1.400 calon yang ikut seleksi CAT, sebanyak 575 orang di antaranya dinyatakan tidak lulus ujian.

"Dari 1.400 calon PPS yang lulus administrasi dan mengikuti ujian CAT, 825 calon di antaranya dinyatakan lulus ujian dan 575 orang lainnya dinyatakan tidak lulus," kata Rajian Saleh.

Anggota PPS merupakan penyelenggara pemilu yang bersifat ad hoc. Anggota PPS bertugas di setiap desa atau gampong. Setiap desa atau gampong ditugaskan tiga orang anggota PPS.

Rajian Saleh mengatakan bagi calon yang dinyatakan lulus ujian CAT tersebut berhak mengikuti tes selanjutnya. Ujian selanjutnya yakni tes wawancara yang akan dilakukan di masing-masing kecamatan. 

"Calon anggota PPS yang lulus ujian CAT akan mengikuti tes wawancara, berlangsung 18 hingga 20 Januari 2023. Tes wawancara dilakukan di setiap kecamatan," kata Rajian Saleh.

Nantinya, kata Rajian Saleh, dari hasil kedua tes tersebut peserta yang dinyatakan lulus sebanyak tiga orang akan dilantik menjadi Anggota PPS di 138 desa yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Simeulue.

"Nantinya, yang terpilih berdasarkan perangkingan. Tiga peserta terbaik dilantik sebagai Anggota PPS di masing-masing desa dan tiga nama lainnya sebagai cadangan," kata Rajian Saleh.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif direncanakan serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023