Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan mengandalkan Pulau Dua sebagai destinasi pariwisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Kepala Pariwisata Aceh Selatan Muchsin di Aceh Selatan, Rabu, mengatakan Pulau Dua berdasar perairan Gampong (desa) Ujung Pulo Rayeuk, Kecamatan Bakongan Timur.

"Pulau Dua berada Samudra Hindia, namun jaraknya sekitar dua mil dari pantai. Keindahan alam di sekeliling pulau dan alam bawah laut menjadi daya tarik bagi wisatawan berkunjung ke Aceh Selatan," kata Muchsin.

Selain keindahan alam, kata Muchsin, Pulau Dua memiliki pantai yang bersih. Di Pulau Dua juga ada burung endemik yaitu Burung Perlin yang terbang berkelompok di petang hari.

"Setiap menjelang senja atau menjelang matahari tenggelam, Burung Perlin pulang ke Pulau Dua. Mereka terbang berkelompok dalam jumlah yang banyak, bisa mencapai ribuan," kata Muchin.

Muchsin mengatakan pihaknya terus membenahi destinasi wisata Pulau Dua. Di antaranya membangun sarana dan prasarana pendukung. Pengelolaan destinasi wisata Pulau Dua dilakukan masyarakat setempat.

"Pengelolaan langsung ditangani desa dan transportasinya masih menggunakan perahu motor tradisional. Kami mendukung pembenahan infrastruktur wisata di Pulau Dua," kata Muchsin.

Muchsin mengatakan wisatawan ke Pulau Dua tidak pernah sepi setiap harinya. Pengunjung membludak ketika hari libur yang biasanya dari kabupaten kota tetangga seperti Kota Subulussalam maupun dari Provinsi Sumatera Utara.

"Kalau untuk pengunjung pasti tiap tahunnya bertambah, tidak hanya dari Aceh bahkan dari Sumatera Utara. Berapa yang mengunjungi Pulau Dua setiap tahunnya, belum kami hitung," kata Muchsin.
 

Pewarta: Risky Hardian Saputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023