Pemerintah Kabupaten Simeulue, Aceh, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, menata objek pariwisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten kepulauan di Samudra Hindia tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simeulue Asmanuddin di Simeulue, Kamis, mengatakan objek pariwisata yang ditata di antara Batu Alafan. Batu Alafan tersebut kini menjadi andalan menggaet kunjungan wisatawan.

"Saat ini, lokasi objek wisata Batu Alafan sudah memiliki fasilitas pendukung yang tertata dengan baik dan kekinian. Fasilitas tersebut dibangun Pemerintah Kabupaten Simeulue," kata Asmanuddin.

Objek wisata Batu Alafan dikenal dengan nama Batu Siambung-ambung. Objek wisata tersebut terletak di Kecamatan Alafan, berjarak tiga setengah jam perjalanan darat dari Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue.

Asmanuddin mengatakan bebera[a fasilitas pendukung yang dibangun menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Simeulue tahun anggara 2022 di antara jalan masuk ke objek wisata.

"Kemudian, gazebo atau pondok, gedung UMKM, serta tangga naik menuju objek utama berupa hamparan batu yang menyerupai kapal laut tersebut," kata Asmanuddin.

Menurut Asmanuddin, sejumlah fasilitas yang dibangun tersebut untuk menarik minat wisatawan yang mengunjungi Batu Alafan. Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan akan memajukan perekonomian masyarakat setempat.

Selain yang sudah dibangun, kata Asmanuddin, pada tahun anggaran 2023 juga akan dibangun beberapa fasilitas penunjang lainnya di objek wisata Batu Alafan. Di antaranya pemasangan listrik, sumber air tawar, menara komunikasi, dan juga titik foto bagi wisatawan.

"Dengan adanya penataan objek wisata tersebut diharapkan semakin menarik minat wisatawan, tidak hanya nusantara, tetapi juga mancanegara berkunjung ke Pulau Simeulue," kata Asmanuddin.

Ika, pengunjung objek wisata Batu Alafan, mengatakan saat ini destinasi pariwisata tersebut sudah tertata dengan baik. Beberapa fasilitas pendukung sudah tersedia dan menarik minat berkunjung Batu Alafan.

"Tidak hanya Batu Alafan, sejumlah objek wisata di Kabupaten Simeulue juga sudah tertata dengan baik. Kami yakin pariwisata di Pulau Simeulue ini maju jika dikembangkan dengan baik," kata Ika.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023