Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh akan memwisuda sebanyak 1.001 lulusan diploma, sarjana, megister dan doktor pada semester genap 2015/2016.

"Wisuda pada semester ini merupakan terbanyak sehingga dilaksanakan dua hari seperti sebelumnya," kata Rektor UIN Ar-Raniry, Farid Wajdi Ibrahim di Darusssalam Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan pada wisuda periode tersebut ada beberapa catatan penting yakni jumlah lulusan program S3 lebih banyak dari periode-periode sebelumnya yakni mencapai 16 orang.

"Artinya, jumlah lulusan untuk program doktor ini lebih banyak dan jumlah lulusan terbanyak ini kemungkinan terkait adanya edaran jika ada yang leting tertentu yang tidak menyelesaikan Desember tahun ini akan di keluarkan dari universitas," katanya.

Ia mengatakan untuk tingkat prestasi akademik lulusan di perguruan tinggi tersebut setiap tahunnya mengalami peningkatan baik itu untuk nilai dan juga jumlah semester yang dilalui setiap lulusan.

"Sistem pendidikan yang ada saat ini sangat memudahkan dan akan mampu mempercepat mahasiswa untuk menyelesaikan studinya," kata Farid yang turut didampingi Wakil Rektor I UIN Ar-Raniry, Dr Muhibbuthabri.

Menurut dia sebelumnya ada sistem mahasiswa harus menyelesaikan kuliah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dan untuk saat ini mahasiswa dapat menyelesaikan dengan cepat.

"Di luar negeri untuk sarjana saja bisa diselesaikan dalam satu tahun, kesempatan ini harus dimanfaatkan oleh generasi muda sehingga dapat dengan mudah menyelesaikan studi sarjana dan dapat melanjutkan hingga program doktor," demikian Farid.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016