Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Simeulue, Aceh, menyatakan sebanyak 19.919 atau 97,95 persen anak di Kabupaten Simeulue sudah mendapatkan imunisasi polio.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue Hanafi Lubis di Simeulue, Selasa, mengatakan target anak yang diimunisasi polio di kabupaten kepulauan itu sebanyak 20.335 anak.

"Capaian imunisasi polio pada anak di Kabupaten Simeulue sudah sangat baik. Dari sasaran 20.335 anak, sebanyak 19.919 anak di antaranya sudah mengikuti imunisasi polio," kata Hanafi Lubis.

Hanafi Lubis mengatakan pihaknya akan terus melakukan imunisasi polio, sehingga semua anak di kabupaten kepulauan di Samudra Hindia tersebut mendapatkan vaksin polio.

Di Kabupaten Simeulue, kata Hanafi Lubis, ada 15 lokasi imunisasi polio. Dari 15 lokasi tersebut, delapan di antaranya sudah mencapai target 100 persen. Sementara tujuh lokasi lainnya capaiannya rata-rata di atas 95 persen.

"Untuk mencapai target imunisasi polio, petugas kami mendatangi sekolah-sekolah dan rumah sasaran. Kami juga mengimbau orang tua mendukung dan menyukseskan program imunisasi polio," kata Hanafi Lubis.

Hanafi Lubis mengatakan imunisasi merupakan program pemerintah untuk mencegah agar anak-anak di Kabupaten Simeulue tidak tertular virus polio. Penyakit polio bisa membuat anak lumpuh dan catat permanen.

Imunisasi tersebut, kata dia, merupakan tindak lanjut kejadian luar biasa (KLB) kasus polio di Kabupaten Pidie. Program imunisasi tersebut juga sesuai rekomendasi Komite Ahli Nasional Surveilans PD3I dan Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).
 
"Sebelum program imunisasi dimulai, kami juga sudah memberikan edukasi dan sosialisasi kepada orang tua anak melalui puskesmas dan sekolah-sekolah," kata Hanafi Lubis.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023