Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh menargetkan sebanyak 35.848 orang bayi, balita dan anak hingga usia 12 tahun di daerah itu mendapatkan imunisasi Polio dari pemerintah daerah di tahun 2023.

“Insya Allah, untuk tahun ini kita targetkan 95 persen bayi, balita hingga anak di Nagan Raya mendapatkan imunisasi Polio,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Hj Siti Zaidar, Selasa.

Ia merinci, dari total sasaran 35.848 sasaran, imunisasi tersebut terbagi untuk usia usia 0-59 bulan sebanyak 11.959 orang, anak usia 5 hingga 7 tahun sebanyak 4.680 orang, serta anak usia 7-12 tahun sebanyak 19.209 orang.

Pada tahun 2022 lalu, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya menargetkan sebanyak 35.902 bayi dan anak usia 0-12 tahun wajib mendapatkan imunisasi Polio, sebagai upaya untuk mencegah terjangkitnya penyakit lumpuh layu.

Siti Zaidar mengatakan pemberian vaksin polio merupakan upaya dalam melakukan pencegahan dan memutus transmisi virus polio.

Imunisasi tersebut dengan cara pemberian imunisasi massal novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) kepada seluruh anak usia 0-12 tahun di Kabupaten Nagan Raya.

Ia mengatakan, program imunisasi merupakan salah satu langkah yang paling efektif dalam pencegahan penyakit polio bagi kalangan anak-anak.

Guna meningkatkan capaian vaksinasi Polio di Nagan Raya, Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Aceh juga berupaya melakukan berbagai upaya diantaranya seperti kunjungan ke setiap sekolah dasar.

Selain itu, upaya pemberian imunisasi juga dilakukan oleh tenaga kesehatan dengan cara mendatangi ke rumah-rumah warga di setiap desa untuk  melakukan pemberian imunisasi.

 “Kita juga mengerahkan semua tenaga kesehatan di Puskesmas untuk turun bersama dalam rangka imunisasi polio,” katanya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023