Wakil Bupati (Wabup) Pidie Jaya (Pijay) Said Mulyadi meraih penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat sebagai tokoh peduli wartawan.

“Penghargaan nasional ini diberikan kepada tokoh peduli PWI yang diserahkan untuk empat pejabat dari Aceh, didasari usulan dari PWI Aceh bersama PWI Kabupaten Aceh Jaya, PWI Bener Meriah, PWI Pidie, dan PWI Pijay,” kata Ketua PWI Pusat, Atal S Depari di Medan, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menyerahkan penghargaan tersebut pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Sumatera Utara.

Selain Wabup Pijay, PWI Pusat juga memberi penghargaan yang sama kepada Pangdam I Bukit Barisan, Kapolda Sumut, Pj Bupati Bener Meriah, Pj Bupati Aceh Jaya, Ketua DPRK Aceh Jaya, dan Gubernur Jawa Barat.

Ia mengatakan bentuk kontribusi nyata para pimpinan daerah dari ketiga kabupaten tersebut adalah upaya mereka memperkuat kapasitas organisasi PWI dengan menghibahkan pertapakan tanah dan membangun kantor PWI di masing-masing kabupaten.

Ia mengatakan Said Mulyadi dinilai layak dianugerahi penghargaan itu karena telah banyak berkontribusi besar terhadap pembangunan organisasi PWI di daerah Pidie dan Pijay.

Tahun 2000 saat Said menjabat Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan serta Humas Sekdakab Pidie menginisiasikan lahirnya dan terbentuknya PWI Pidie yang saat itu dipimpin Tarmilin Usman.

Selang tiga tahun, yaitu tahun 2005 Waled mengupayakan membangun kantor PWI di Kabupaten Pidie yang berlokasi di jalan lingkar Blang Paseh, Kota Sigli.

Dengan koordinasi dan komunikasi yang intens dilakukan bersama Tarmilin Usman sebagai ketua PWI Pidie saat itu, di 2006 baru dapat teranggarkan biaya untuk pembangunan Kantor PWI di Kabupaten Pidie.

Kemudian tahun 2014, Said Mulyadi yang akrab di sapa Waled mendampingi Aiyub Abbas terpilih menjadi bupati dan wakil Bupati Pijay, sebelumnya jabatan terakhir Said Mulyadi di kabupaten Pidie sebagai Sekretaris daerah (Sekda).

Saat menjabat sebagai Sekda Pidie Waled terus berkomunikasi dengan pengurus PWI Kabupaten Pidie untuk memfungsikan bangunan yang telah dibangun untuk dijadikan sebagai sekretariat PWI Kabupaten setempat.

Sementara itu pada tahun 2019, ia juga berkontribusi banyak dalam hal pembentukan dan mendukung penuh semua kebutuhan pembentukan PWI Kabupaten Pijay, serta memfasilitasi pelantikan pengurusnya.

Waled yang berkoordinasi dengan Bupati Pijay, Aiyub Abbas menunjuk Kabag Humas Setdakab Pidie Jaya, Fakhri untuk berkoordinasi dengan panitia pembentukan PWI Kabupaten Pidie Jaya, dan memerintahkannya melaporkan secara berkala persiapan pembentukan dan pelantikannya.

Setelah pengurus PWI Pijay terbentuk, Waled juga membantu penyediaan sekretariat untuk PWI setempat pada tahun 2020.

Usai acara tersebut, Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi kepada wartawan  mengatakan, sangat berterima kasih kepada semua PWI, terkhusus kepada PWI Pidie Jaya.

Waled berharap karya-karya insan pers Indonesia terus dapat menyajikan berita-berita terpercaya, akurat, beredukasi yang dapat mencerdaskan masyarakat.

"Terimakasih atas penghargaan ini saya berharap kepada seluruh wartawan, khususnya wartawan yang bernaung di PWI supaya dapat terus mendorong pembangunan daerah ke arah yang lebih baik," kata Waled.

Pewarta: Mira Ulfa

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023