Tokoh masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendukung wacana Pj Bupati Darmansah untuk melanjutkan pembangunan pasar modern sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat daerah itu. 

"Pada prinsipnya kita mendukung kelanjutan pembangunan pasar modern itu dengan alasan anggarannya tersedia dan tidak mengganggu dana lain," kata salah seorang tokoh masyarakat Abdya, H Syamsidik Ibrahim di Blangpidie, Rabu. 

Ia menjelaskan proyek pasar modern tersebut terletak di kawasan Cot Seutui, Desa Keudai Siblah, Kecamatan Blangpidie, dan sudah lima tahun tetakhir terbengkalai setelah putus kontrak kerja dengan PT. Proteknika Jasa Pratama.

Mantan ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Abdya itu juga meminta Pj Bupati Abdya membuka akses jalan baru menuju pasar modern tersebut, karena jalan yang tersedia saat ini sangat sempit dan dikhawatirkan akan mengganggu arus lalu lintas jika pasar sudah difungsikan. 

“Jalan menuju lokasi   perlu dibangun juga, karena kalau pembangunan pasar modern selesai lalu difungsikan untuk pedagang berjualan sudah tidak bisa lagi jalan Cot Situi itu terlalu padat dan sempit lagi,” katanya.

Dukungan serupa juga disampaikan ketua DPR Kabupaten Abdya, Nurdianto. 

"Kalau dukungan pasti tapi jangan lupa aspek hukumnya apa sudah jelas biar nanti tidak menjadi masalah dikemudian hari," kata Nurdianto. 

Informasi diperoleh, pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Abdya sudah menyerahkan pendapat hukum terkait keberlanjutan pembangunan pasar modern tersebut kepada Pj bupati Abdya Darmansah. 

Sebelumnya Pj Bupati Abdya Darmansah menyatakan pihaknya akan melanjutkan kembali pembangunan pasar modern menyusul izin dari Pj Gubernur Aceh sudah turun dan sekarang sedang dalam proses mencari payung hukum.

Darmansah menjelaskan pasar Blangpidie yang sekarang berada di tengah ibukota Kabupaten Abdya sudah sangat semberaut dan tidak teratur lagi karena selain berada di tengah kota, pasar itu sangat sempit sehingga harus dipindahkan.

"Pemkab Abdya mengajukan izin ke Pj Gubernur Aceh untuk penggunaan anggaran silpa puluhan milyar dipergunakan melanjutkan pembangunan pasar ini. Alhamdulillah Pj Gubernur merestui," kata Pj Bupati Darmansah.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023