Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksda TNI Erwin S Aldedharma memastikan akan menindak tegas segala bentuk tindakan ilegal di perbatasan sesuai dengan kebijakan dan peraturan hukum yang berlaku.

"Terhadap permasalahan di wilayah perbatasan seperti penyelundupan narkoba lewat laut, illegal fishing, illegal smuggling dan masalah pengungsi etnis rohingya yang terdampar di wilayah pesisir Aceh, kita harus menyikapi dan bekerja sesuai kebijakan pemerintah, dengan menjalankan tugas sesuai prosedur dan ketentuan hukum yang berlaku," kata Erwin di Kota Sabang, Kamis.

Hal tersebut perlu dilakukan demi menjaga stabilitas keamanan laut khususnya yang berada di wilayah perbatasan seperti Pulau Weh itu.

Baca juga: Puluhan calon prajurit TNI AL asal Simeulue dikirim ke Sumut

Pangkoarmada I tiba di Bandara Lanud Mus Sabang menggunakan Pesawat CN-235/P-8305, yang disambut Forkopimda Kota Sabang. Ia melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi Mako Lanal Sabang, Mako Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada I dan meninjau Rumdis Komplek Cempaka.

Dalam kunjungan itu, Erwin juga meninjau kondisi fasilitas, sarana dan prasarana yang dimiliki jajaran TNI AL di Kota Sabang agar dapat beroperasi dengan baik, untuk mendukung pelaksanaan tugas dalam menjaga keutuhan NKRI dari perbatasan Pulau Weh.

"Kehadiran saya disini mewakili pimpinan, juga untuk meninjau kondisi fasilitas dan sarana prasarana jajaran TNI AL Sabang, sehingga bisa secara langsung menyuarakan kebutuhan yang diperlukan demi kelancaran dan pencapaian tugas pokok mereka," kata Erwin.

Erwin juga menyempatkan diri meninjau bengkel fasilitas pemeliharaan dan perbaikan Sabang, Dermaga Lanal Sabang, dan Alutsista milik Lanal Sabang yakni KAL Iboih I-1-71.

Dia mengatakan, selain meninjau secara langsung fasilitas dan sarana prasarana TNI AL, kunjungan ini juga untuk memberi motivasi dan dorongan semangat kepada prajurit yang bertugas di garda terdepan NKRI dalam menjaga wilayah perbatasan, khususnya pulau ujung barat Indonesia itu.

"Kepada prajurit TNI Angkatan Laut yang bertugas di garis perbatasan seperti di Sabang, terus semangat, tingkatkan kinerja dalam menjaga pertahanan dan ukir prestasi yang gemilang dalam menjalankan tugas ini," ujarnya.

Baca juga: TNI AL remajakan 41 kapal perang

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023