Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Utara mencatat sebanyak 130.700 anak atau 91,2 persen dari 143.282 anak yang menjadi sasaran di daerah itu sudah diimunisasi polio tahap kedua. 

"Capaian imunisasi polio tahap kedua sudah mencapai 91,2 persen atau 130.700 anak dari 143.282 anak yang menjadi sasaran imunisasi polio di Kabupaten Aceh Utara," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Aceh Utara Ferianto di Aceh Utara, Senin.

Menurut Ferianto, capaian tersebut didapat selama pelaksanaan program pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio kedua. Capaian tersebut berkat dukungan masyarakat membawa anaknya ikut imunisasi polio 

Ferianto merincikan dari 130.700 anak yang sudah diimunisasi tahap kedua tersebut, sebanyak 51.565 anak di antaranya berusia nol sampai 59 bulan. Kemudian, usia lima sampai tujuh tahun sebanyak 12.988 anak serta 66.147 anak berusia tujuh hingga 12 tahun.

"Imunisasi polio dilakukan di 32 puskesmas yang tersebar di 27 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara. Kendati capaian belum mencapai target, namun kami optimis capaian 100 persen bisa tercapai," kata Ferianto.

Untuk memenuhi target 100 persen tersebut, kata Ferianto, pihaknya akan terus menyisir anak-anak di Kabupaten Aceh Utara untuk memastikan mereka mendapatkan imunisasi polio.

Imunisasi ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh akan, sehingga bisa mencegah mereka terserang penyakit polio yang bisa menyebabkan kelumpuhan," kata Ferianto.

Ferianto juga mengimbau para orang tua yang anak belum menerima imunisasi polio agar membawanya ke puskesmas. Orang tua juga tidak perlu khawatir karena imunisasi polio dilakukan dengan cara tetes di mulut.

"Tercapainya target imunisasi polio di Kabupaten Aceh Utara tidak terlepas dari peran para pemangku kepentingan serta orang tua yang mendukung dan menyukseskan program pekan imunisasi polio di Kabupaten Aceh Utara," kata Ferianto.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023