Jakarta (ANTARA Aceh) - Jamaah shalat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta membludak hingga jalan raya di sekitar tempat ibadah terbesar Indonesia tersebut atau berbeda dari hari Jumat dalam keadaan normal.

"Pilih di luar karena di dalam penuh," kata Maulana saat ditemui di area Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat.

Berdasarkan pantauan, massa banyak yang membawa sajadah sendiri, koran, kardus dan alas lainnya untuk menggelarnya di Jalan Perwira yang memghubungkan Monumen Nasional dan Lapangan Banteng.

Sejumlah jamaah lainnya memilih tidak menggunakan alas apapun karena tidak membawanya.

Saat mengambil air wudhu, mereka memilih tempat terdekat tanpa memasuki area dalam Masjid Istiqlal yang kapasitasnya dapat menampung sekitar 250 ribu anggota jamaah.

Misalnya, anggota Front Pembela Islam memilih berwudhu di sumber air di kawasan Kementerian Agama. Sementara lainnya, memilih berwudhu di kolam Masjid Istiqlal.

Sementara itu, tempat penitipan sepatu dan sandal juga dipenuhi oleh titipan jamaah.

Kenaikan jumlah pengunjung Istiqlal itu tidak seperti saat shalat Jumat pada hari biasa. Banyaknya jamaah yang datang ke masjid tersebut karena mereka berkumpul sementara sebelum melaksanakan demonstrasi dan long march untuk mendesak penegakkan hukum terkait dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama.

Pewarta: Anom Prihantoro

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016