Meulaboh (ANTARA Aceh) - M Yusuf (63) warga Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh hilang terseret arus banjir luapan sungai yang menerjang permukiman penduduk setempat.

Koordinator Pos SAR Meulaboh, Dwi Hetno, di Meulaboh, mengatakan, hingga Selasa malam, korban hilang terseret arus banjir ini belum ditemukan.

Tim pencari dan pertolongan menyisir lokasi yang ditunjukkan warga sekitar.

Yusuf adalah warga Dusun Geulumpang Dua, Desa Tanoh Manyang, Kecamatan Teunom.

"Kejadiannya sore tadi, saat tim masih dalam kegiatan evakuasi,  menerima informasi itu sehingga langsung turun. Informasinya korban terseret arus banjir saat hendak ke rumah," katanya.

Bencana alam banjir luapan sungai akibat tingginya intensitas curah hujan mengguyur dua hari terakhir telah membuat sembilan kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya dikepung banjir, evakuasi penduduk dilakukan oleh Basarnas bersama Badan Penangulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya, TNI, Polri mulai dilakukan sejak Senin (7/11) malam.

Selain itu di Kabupaten Aceh Barat, lima orang warga juga dilaporkan hanyut terseret arus banjir, tiga di antaranya selamat karena cepat ditolong warga, sementara dua orang lainnya belum ditemukan, bahkan identitas dua orang ini juga belun jelas dilaporkan.

Tiga anak yang ditemukan selamat itu yakni Indra (13), Rian (12) dan Fauzan (13). Ktiga anak ini terseret arus banjir saat mereka bermain air, beruntung banyak warga disekitar lokasi sehingga ketiga anak ini berhasil diselamatkan dan kemudian dievakuasi.

Bencana alam banjir kali ini Pos SAR  Meulaboh terpaksa meminta kekuatan tambahan Satgas SAR Aceh Barat Daya ke pedalaman Aceh Barat, sementara Satgas dari Kantor SAR Banda Aceh dikerahkan ke wilayah Kabupaten Aceh Jaya.

"Hingga malam ini semua anggota masih dalam operasi evakuasi, seperti di Desa Peuleukung dan Pasie Malie, Kecamatan Woyla Barat. Sudah 38 KK berhasil kita evakuasi terdiri dari lansia dan anak-anak, permintaan dari BPBD evakuasi akan diperluas malam ini juga,"sebutnya.

Banjir melanda sembilan kecamatan Aceh Jaya dan sembilan kecamatan di Aceh Barat, Jjalur transportasi Meulaboh-Banda Aceh juga terputus oleh ketinggian air banjir dibeberapa titik ruas badan jalan lintas provinsi itu.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016