Afsah, warga miskin di Desa Muka Blang, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyampaikan rasa syukur karena permintaan bantuan rehab rumah yang diminta melalui sebuah video, dikabulkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Abdya Darmansah.

Video perempuan 50 tahun itu sempat viral di media sosial, memperlihatkan rumahnya beratap daun rumbia yang sudah bocor dan meminta kepada Pj Bupati Abdya agar dibangunkan rumah baru.

Dalam video tersebut Afsah mengaku lebih memilih membiayai anaknya sekolah ketimbang membangun rumah karena pendapatan yang diperoleh sehari-hari hanya cukup untuk makan dan biaya anak sekolah.

Baca juga: Pj Bupati Abdya tunaikan janji sepeda baru untuk Anjuran

Afsah adalah ibu lima anak warga Desa Muka Blang yang sehari-hari bekerja sebagai buruh kasar. Sedangkan suaminya M Nur Umar bekerja jualan sayur dipasar pagi Blangpidie.

Setelah melihat kondisi rumah warga miskin yang tidak layak huni dalam video tersebut, Pj Bupati Abdya Darmansah pada Senin pagi langsung merespon dengan turun ke lapangan untuk bertemu dengan warga tersebut.

Darmansah yang ditemani istri usai solat subuh mendatangi rumah Afsah, yang terletak di Desa Muka Blang Kecamatan Kuala Batee, Abdya.

Pj Bupati bersama Kabag Prokopim Indra  Darmawan dan Kabag Umum Alman Safriandi, Camat Kuala Batee Khairuman  serta Keuchik Muka Blang melihat kondisi rumah yang beredar di media sosial itu.

Tidak berselang lama Pj Bupati Abdya tiba dilokasi lalu seorang ibu paruh baya bernama Ira Maya yang membagikan dan mengunggah video tersebut tiba di rumah Afsah dan bergabung dengan rombongan melihat kondisi rumah itu.

Baca juga: Warga mulai garap lahan eks HGU di Abdya, kata Tokoh masyarakat

Setelah melihat rumah tersebut dan layak untuk dibantu, Pj Bupati Abdya Darmansah langsung menelepon tukang agar segera dibangun rumah baru untuk ditempati oleh keluarga miskin tersebut.

"Ternyata mereka tepat kita bantu bangun rumah baru," ucap Darmansah.

Mendengar ucapan dari kepala daerah tersebut ibu Afsah langsung menangis dan mengucap syukur serta berterima kasih kepada bapak Pj bupati,

"Terima kasih atas bantuan bapak yang begitu cepat," tutur Afsah.
 
Pj Bupati Darmansah melihat kondisi rumah warga miskin di Desa Muka Blang, Kuala Batee, Aceh Barat Daya, Senin (13/3/2023). (ANTARA/Suprian/HO)

 
Baca juga: Jembatan penghubung desa di Abdya amblas, arus transportasi terganggu

Darmansah lalu mengatakan bahwa dia datang membatu rumah untuk Ibu Afsah karena hatinya digerakkan oleh Allah SWT sehingga harus bersyukur kepada yang maha kuasa.

"Apa yang saya lakukan atas kehendak Allah," ucapnya dihadapan semua masyarakat yang hadir.

Setelah bincang-bincang beberapa saat, Pj Bupati Abdyq dan keluarga Afsah langsung melihat tanah yang akan dibangun rumah yang tidak jauh dari rumah yang dia tempati sekarang.

"Kita langsung bangun sekarang dengan meminta tukang mengukur tanah terlebih dahulu," tutur Darmansah

Pj Bupati Darmansah menambahkan,  rumah warga itu segera di bangun dengan mengunakan dana dari Baitul Mal Abdya.

"Saya sudah perintahkan seketaris Baitul Mall agar segera dikerjakan," katanya.

Baca juga: Ini yang dilakukan Kadin Abdya majukan sektor UMKM

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023