Meulaboh (ANTARA Aceh) - Ratusan anggota Polri, TNI dan pelajar bersama instansi terkait di wilayah hukum Kepolisian Resort Aceh Barat, mengikuti apel gelar pasukan untuk mengecek kesiapan Operasi Zebra Rencong 2016, 16-29 Nopember.

Kapolres Aceh Barat AKBP Teguh P Nugroho, di Meulaboh, Rabu, mengatakan, kegiatan itu untuk mengetahui kesiapan personel maupun sarana pendukung untuk terlaksananya secara optimal dan berhasil operasi.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Operasi Zebra Rencong 2016 yang akan berlangsung selama 14 hari kedepan dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai tujuan serta sasaran," sebutnya.

Apel gelar pasukan tersebut dilaksanakan di halaman Mapolres Aceh Barat, diikuti oleh personel TNI, instansi terkait daerah dan pelajar dari beberapa SMA, tema tahun ini "Meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang Kamseltibcarlantas".

Kapolres menyampaikan, kelancaran lalu lintas sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian yang dapat menunjang pembangunan nasional, permasalahan lalu lintas telah berkembang sangat pesat karena tumbuh lebih cepat dari upaya untuk memecahkan masalah lalu lintas tersebut.

Dalam konteks ini kata Kapolres Teguh, pertumbuhan penduduk, bertambahnya kendaraan, kurangnya angkutan massal, petumbuhan jaringan jalan yang rendah dan kurang disiplinnya keasadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

"Adapun yang menjadi sasaran prioritas sesuai tematik program quick wins Polri pada Operasi Zebra 2016 ini, adalah berbagai pelanggaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas," sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan, adapun sasaran yang dimaksud dalam operasi tersebut seperti, pengendara mobil tidak menggunakan sabuk pengaman, pengendara sepeda motor tidak menggunakan Helm Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kemudian kendaraan melawan arus dan menerobos lampu merah, kelengkapan surat-surat kendaraan dan kepemilikan Surat Izin Mengemudi (SIM), penggunaan lampu Rotator tidak sesuai dengan peruntukannya.

"Dengan dilakukan penegakan hukum terhadap sasaran-sasaran tersebut, maka pelaksanaan Operasi Zebra Rencong Tahun 2016 ini kita harapkan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi yang kita laksanakan ini," sebutnya.

Kapolres AKBP Teguh menjelaskan tujuan operasi tersebut yaitu, untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, menimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Kemudian meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap opini positif dan citra tertib berlalu lintas serta terwujudnya situasi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) menjelang perayaan natal tahun 2016 dan tahun baru 1 Januari 2017.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016