Pemerintah Aceh melalui Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) di Jakarta membantu modal usaha kepada Darussamin (46) warga Desa Kuala, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur.
 
Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh Akkar Arafat dalam keterangan tertulis diterima di Banda Aceh, Selasa, mengatakan Darussamin sudah lama merantau ke Jakarta namun tidak memiliki pekerjaan tetap.
 
"Darussamin dan istrinya mempunyai lima orang anak yang harus dinafkahi, hingga sempat kerja serabutan. Darussamin juga menjual tisu di jalanan," kata Akkar Arafat.
 
Bantuan itu diserahkan Kepala Subbidang Hubungan Antarlembaga dan Masyarakat BPPA di Jakarta Cut Putri Alyanur.
 
Akkar Arafat mengatakan Darussamin sebelumnya sempat kebingungan karena tidak mempunyai modal apa-apa di ibu kota negara tersebut 
 
"Darussamin orang Aceh, merantau ke Jakarta sudah lama dan mengalami kesusahan hingga terlantar," kata Akkar Arafat.

Lebih lanjut, kata Akkar, bantuan modal itu diberikan karena Darussamin membutuhkannya untuk bertahan hidup di rantau. Terlebih lagi ada tanggungan lain yang dipikulnya.
 
"Semoga bantuan itu cukup untuk kebutuhan mereka sekeluarga, sesuai amanah Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki agar selalu memberikan perhatian kepada masyarakat Aceh,” kata Akkar.
 
Akkar menjelaskan pihaknya akan terus melakukan kontrol kepada warga Aceh selama mereka di Jakarta. Jadi, kalau warga Aceh perlu bantuan sesuatu bisa langsung menghubungi BPPA. Tentunya, sesuai dengan persyaratan yang semestinya.
 
Darussamin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Aceh melalui Badan Penghubung Pemerintah Aceh atas bantuan modal usaha tersebut.
 
"Dengan ini saya akan mencari gerobak secepatnya, saya mulai usaha saya dan bisa menghidupi lima anak dan satu istri saya," ujarnya.
 
Darussamin menyebutkan anaknya lima orang dan semua perempuan. Anak paling tua berusia 14 tahun dan tidak sekolah maupun bekerja. Sedangkan istrinya, berjualan tisu.
 
"Dengan bantuan tersebut, saya tidak harus lagi berjualan tisu di jalanan. Saya berharap dengan modal yang diberikan ini bisa berusaha untuk melanjutkan hidup bersama anak dan istri di rantau," kata Darussamin.
 

Pewarta: Redaksi

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023