Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Provinsi Aceh Nasaruddin menyatakan, salah satu kepuasan dari penyuluh adalah ketika petani sejahtera.

"Peran penyuluh pertanian sangat menentukan keberhasilan pembangunan pertanian termasuk bidang ketahanan pangan, jika petani sejahtera maka penyuluh pun merasa puas atau bahagia," kata Nasaruddin dihubungi di Banda Aceh, Minggu.

Ia menjelaskan, saat bertemu dengan para penyuluh di Kabupaten Aceh Tenggara, kepuasan dari penyuluh tersebut ketika para petani sejahtera seiring meningkatnya produksi dan pendapatan dari hasil pertaniannya.

"Penyuluh merasa senang jika kondisi petani sudah sejahtera, tapi tetap jangan jumawa karena dinamika dalam dunia pertanian selalu berkembang," kata Nasaruddin yang juga Calon Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022 berpasangan dengan Zaini Abdullah.

Menurut dia, untuk mencapai tujuan penyuluhan maka penting untuk menjiwai pekerjaan dan menciptakan suasana yang menyenangkan ketika bertugas di lapangan.

"Penyuluh itu sama seperti guru, nilai ibadahnya tinggi, termasuk keberhasilan petani sebagai wujud pengabdian juga menjadi bagian amal ibadah bagi penyuluh. Karena itu mari terus berupaya memberikan nilai tambah bagi petani," katanya.

Nasaruddin mengatakan, dirinya juga melakukan dialog dengan para penyuluh, salah satu hal yang mengemuka adalah kekhawatiran sebagian besar penyuluh pertanian terhadap ketentuan Undang-Undang Pemerintahan Daerah yang tidak mencantumkan secara nyata urusan penyuluhan di daerah.

"Saya minta setiap penyuluh pertanian untuk tenang dan menerima aturan yang berlaku. Perhiptani Pusat akan terus berdiplomasi untuk memperjuangkan pentingnya kelembagaan penyuluhan pertanian diakomodir sebagai salah satu urusan yang ada di daerah," katanya. 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016