Meulaboh (ANTARA Aceh) - Sebanyak 50 orang tenaga pengajar di perguruan tinggi Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, mengikuti pelatihan metode penulisan karya ilmiah yang difasilitasi kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN).

Koordinator AKN Aceh Barat Dr Mursyidin, MA di Meulaboh, Minggu, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengasah kemampuan para dosen agar mampu bersaing dalam mempublikasikan karya ilmiah mereka.

"Kegiatan ini diikuti oleh tenaga dosen perguran tinggi di wilayah Aceh Barat, melalui kegiatan ini kita harapkan karya tulis mereka terpublikasi ke tingkat nasional maupun International,"katanya dalam siaran pers kepada wartawan.

Acara tersebut berlangsung sejak Sabtu-Minggu (26-27 November 2016) di kampus AKN di Alu Penyareng, Kecamatan Meureubo, pemateri diisi akademisi sekaligus peneliti dari Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Dr Kamaruzzaman Bustamam Ahmad, MA.

Selain diikuti oleh dosen perguruan tinggi di Kabupaten Aceh Barat, pelatihan itu diutamakan bagi kalangan dosen kampus AKN setempat, sehingga mereka mampu menghasilkan publikasi karya ilmiah yang lebih berkualitas.

Mursyidin menyampaikan, seorang dosen bukan hanya bertugas mengajarkan mahasiswa, namun lebih dari itu, dosen dituntut untuk mampu mengembangkan ilmu pengetahian dengan melakukan penelitian dan mempublikasikannya.

"Sehingga keberadaan kampus perguruan tinggi betul-betul dapat bermanfaat bagi masyarakat. Karenanya, usai pelatihan ini saya berharap, terutama sekali kepada dosen AKN dapat menerbitkan jurnal,"sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskan, selama ini karya tenaga dosen pada perguruan tinggi setempat telah banyak yang muncul, namun dibutuhkan karya publikasi lebih baik lagi agar nilai sebuah karya ilmiah itu benar-benar berkualitas.

Sebab, karya ilmiah dari peneltiian akademisi pada tujuan akhirnya adalah menjadi salah satu representatif untuk pengambil kebijakan sekaligus untuk menyebarkan ilmu pengetahuan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Peserta yang mengikuti pelatihan tersebut diantaranya berasal dari kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tengku Dirundeng Meulaboh, Universitas Teuku Umar (UTU) dan tenaga dosen AKN Aceh Barat.

"Kegiatan ini juga sekaligus dari upaya AKN mengembangkan pembangunan manusia dan dunia pendidikan, sehingga ilmu tersebut juga akan diberikan kepada mahasiswa yang akan menyelesaikan studi akhirnya,"katanya menambahkan.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016