Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi meminta seluruh pihak yang terlibat dalam pelayanan publik untuk sigap menghadapi hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Untuk memastikan pelayanan berjalan sesuai harapan, Pemerintah Kota Sabang bersama TNI/Polri dan instalasi terkait, akan menempatkan sejumlah pos pengamanan di tempat-tempat keramaian.

"Untuk posko, seluruh stakeholder, TNI, Polri, BPBD juga akan ada di pelabuhan dan Iboih. Pos polisi di jalan perdagangan juga akan standby," kata Reza saat rapat persiapan menyambut cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah di Kota sabang, Rabu.

Baca juga: Menparekraf tetapkan Desa Iboih sebagai desa wisata terbaik, begini harapan Sandiaga Uno

Ia mengatakan Sabang sangat siap sambut cuti bersama libur Idul Fitri. Mulai dari tradisi hari meugang, persiapan takbiran, shalat Idul Fitri, serta antisipasi lonjakan kunjungan wisatawan ketika libur lebaran, semua sudah disepakati bersama.

“Untuk dua lokasi atau objek wisata yang biasanya dipadati wisatawan yaitu Iboih dan kilometer Nol, kita juga telah melakukan antisipasi dari sisi keselamatan, kesehatan, dan dari sisi pelayanan, air bersih, parkir, juga akomodasi maupun konsumsi," ujarnya.

Reza Fahlevi juga meminta masyarakat Sabang khususnya pelaku wisata dan pengusaha kuliner untuk tetap beroperasi pada lebaran ke dua di beberapa lokasi yang menjadi konsentrasi wisatawan.

"Terkait kesiapan pelabuhan, dari provinsi sudah mengantisipasi, bagaimana mengatur sistem antrean, sistem pembelian tiket, mudah-mudahan dapat diantisipasi dan atasi dengan baik," ujarnya.

Dia menambahkan, pemerintah telah berkoordinasi dengan perbankan untuk memastikan stok uang di mesin ATM cukup selama kunjungan wisatawan saat libur lebaran tahun ini.

Baca juga: Sandiaga puji spot diving Desa Wisata Iboih di Sabang berkualitas premium

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023