Ratusan warga persyarikatan Muhammadiyah melangsungkan shalat Idul Fitri dengan kekhusyukan di lapangan parkir tengah Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) di Banda Aceh, Jumat. 

Salat Id di Unmuha itu diimami langsung oleh Ustadz T Muammar Tillah. Adapun Rektor Unmuha, Aslam Nur, yang bertindak sebagai khatib memberikan ceramah kepada jemaah Idul Fitri.

Sebagaimana diketahui Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan Idul Fitri jatuh pada Jumat 21 April 2023. Lebih awal sehari dibandingkan keputusan sidang isbat oleh Pemerintah melalui Kemenag yang menyatakan Lebaran jatuh pada 22 April. 



Rektor Unmuha Aslam Nur dalam ceramahnya menyampaikan para jemaah yang melaksanakan salat Ied untuk merayakan momen kemenangan ini dengan mempererat tali silaturrahmi.

"Ada tiga makna Hari Raya Idul Fitri yakni merayakan kemenangan setelah berjuang menahan nafsu, berjihad mengabdi kepada Allah yang kedua ajang mempererat silaturrahim, dan ketiga Idul Fitri satu moment melangkah ke depan dari syawal hingga ke Syaban," katanya.

Usai salat Id Fitri itu dilaksanakan, ratusan jamaah tersebut saling menyalami para jemaah lainnya seraya mengucapakan ucapan selamat hari raya dan permohonan maaf untuk mempererat lagi hubungan keakraban.

Diketahui ada lokasi lainnya yang menjadi tempat pelaksanaan salat Ied Fitri bagi umat muslim Muhammadiyah di Banda Aceh yakni di Lapangan Parkir Universitas Muhammadiyah Aceh, di Masjid Taqwa Muhammadiyah Desa Sukaramai, Kecamatan Baiturahman, dan di Masjid Taqwa Gampong Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya. 

Baca juga: Muhammadiyah Aceh pusatkan shalat Idul Fitri pada hari Jumat di kampus Unmuha
 

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023