Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh memberangkatkan 2.032 penumpang arus balik hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah ke berbagai daerah di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar di Banda Aceh, Jumat, mengatakan pemberangkatan dua ribuan penumpang arus balik diberikan secara gratis dengan melibatkan 207 unit bus, baik ukuran besar maupun kecil.

"Pemberantasan penumpang arus balik ini untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di jalan raya serta penggunaan angkutan barang membawa orang," kata Ahmad Haydar.

Jenderal polisi bintang dua tersebut mengatakan dua ribuan penumpang arus balik tersebut diberangkatkan dari Kota Banda Aceh ke berbagai kota di Provinsi Aceh, termasuk ke Medan, Sumatera Utara.

Pemberangkatan penumpang arus balik tersebut dilakukan hingga beberapa hari ke depan, sejak Jumat hingga Minggu. Setiap hari diberangkatkan 300-an penumpang arus balik, kata Ahmad Haydar.

"Pemberangkatan penumpang arus balik tersebut selain mencegah penggunaan mobil barang membawa orang, juga mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas yang berpotensi merenggut korban jiwa," kata Ahmad Haydar.

Selain itu, kata Ahmad Haydar, pemberangkatan penumpang arus balik secara gratis tersebut juga untuk meringankan beban ekonomi masyarakat yang ingin kembali ke tempat asal setelah berlebaran di Kota Banda Aceh.

"Selain angkutan darat, kami juga menyediakan 100 tiket penyeberangan gratis ke Pulau Weh di Kota Sabang, Pulau Simeulue di Kabupaten Simeulue, maupun ke Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil. Kami berharap pemberangkatan penumpang arus balik secara gratis tersebut bermanfaat bagi masyarakat," kata Ahmad Haydar.

Baca juga: Pengguna angkutan umum H-8 hingga H+2 capai 9,3 juta orang

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023