Sebanyak 777 mahasiswa dari luar Pulau Sumatera telah mendaftarkan diri untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) ketiga tahun 2023 di Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA). 

"Pendaftar di UNMUHA sudah ada 777 orang, nantinya para mahasiswa PMM ini juga mendapatkan program modul nusantara yang menarik di Aceh," kata Rektor UNMUHA Dr Aslam Nur, di Banda Aceh, Kamis. 

Aslam Nur menjelaskan, dalam program modul nusantara tersebut nantinya para mahasiswa diajak untuk mengenal keberagaman nusantara melalui mata kuliah khusus yang telah disiapkan itu.

Baca juga: Kemendikbudristek luncurkan program Wirausaha Merdeka

Modul nusantara merupakan rangkaian kegiatan yang difokuskan untuk menciptakan pemahaman komprehensif tentang kebhinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial yang didesain melalui pembimbingan secara berurutan dan berulang. 

Mata kuliah tersebut juga untuk memaksimalkan ruang jumpa mahasiswa, menambah pemahaman, dan pengendapan makna toleransi.

"Serta nantinya memperkenalkan kekayaan kebudayaan nusantara yang bersumber dari berbagai golongan, suku, ras, agama hingga kepercayaan," ujar Aslam Nur.

Aslam Nur menuturkan, untuk PMM angkatan ketiga 2023 ini, sudah ada 777 mahasiswa dari 203 perguruan tinggi luar Pulau Sumatera mendaftarkan diri ke UNMUHA sejak dibuka mulai 29 Maret sampai 2 Mei 2023.

"Alhamdulillah kita bersyukur atas antusiasme mahasiswa dari luar Pulau Sumatera untuk belajar di UNMUHA. Ini menunjukkan bahwa kita telah dikenal di seluruh nusantara," katanya.

Baca juga: Ratusan FISIP USK akan dilibatkan dalam program kampus merdeka bersama Kemendes

Menurut Aslam Nur, tingginya pendaftar PMM tahun ini tidak terlepas dari peran mahasiswa angkatan kedua lalu yang ikut membantu mensosialisasikannya. 

"Terima kasih kepada mahasiswa alumni PMM kedua dan jaringan perguruan tinggi Muhammadiyah telah mensosialisasikan PMM 3 kepada mahasiswa," ujar mantan Ketua PW Muhammadiyah Aceh itu. 

Aslam Nur menambahkan, meski pendaftar sudah sampai 777 orang, pihaknya tidak dapat menerima seluruhnya, melainkan hanya 200 mahasiswa saja. 

Nantinya, mahasiswa program PMM dapat mengambil keseluruhan 20 SKS dari mata kuliah yang ditawarkan oleh perguruan tinggi penerima, dan ini merupakan skema yang diutamakan.

"Karena itu, saya berharap kepada mahasiswa yang telah memilih UNMUHA dapat mengikuti proses seleksi dengan baik, sehingga dapat mengikuti pembelajaran yang telah disiapkan selama satu semester," demikian Aslam Nur.

Baca juga: 370 Mahasiswa Universitas Syiah Kuala ikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023