Puluhan rumah warga Gampong Palak Kerambil Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), diterjang gelombang tinggi hingga abrasi akibat belum dibangun pengaman pantai di daerah pesisir itu. 
 
"Air pasang akibat gelombang tinggi mulai menerjang kawasan pesisir Gampong Palak Kerambil, Susoh pada Minggu pagi usai shalat subuh," kata Keuchik Gampong Kedai Palak Kerambil Hazal Suaidi di Blangpidie, Minggu. 
 
Ia mengatakan, air laut masuk ke rumah sehingga sebagian masyarakat ada yang membuat tebing pengaman pantai secara manual untuk mencegah air laut makin banyak masuk ke rumah mereka.

Baca juga: 26 rumah di Aceh Utara rusak berat akibat abrasi
 
Sementara sebahagian warga lainnya lanjut Keuchik Suaidi, terus berupaya membuang air laut secara manual dengan alat seadanya dari dalam rumah mereka. 
 
"Abrasi yang sangat parah sekarang ini disekitar batu gajah  yang ada disekitar pantai," ungkapnya
 
Sementara Keuchik Panjang Baru Kecamatan Susoh Ikhsan Wahyuni yang dikonfirmasi wartawan mengatakan, air laut mulai masuk perkampungan warga usai solat subuh.
 
 
Daerah yang terdampak abrasi yakni Gampong Kedai Palak Kerambil dan Gampong Panjang Baru karena keduanya berada di bibir pantai Susoh.
 
"Hempasan gelombang tinggi mulai melewati jalan aspal di pinggir pantai hingga airnya masuk ke rumah dan perkampungan warga," ungkapnya.
 
Menurutnya peristiwa ini bukan pertama kali tetapi sudah menjadi langganan terutama saat gelombang pasang tinggi di laut.
 
"Ini bukan yang pertama tetapi sudah kesekian kali dan sudah bayak rumah warga dipinggir laut yang ambruk akibat dihantam gelombang tinggi," tuturnya.
 
Dilanjutkan, bencana abrasi yang melanda kawasan tersebut hingga saat ini belum ada penanggulangan dari pemerintah. 
 
 "Sudah setiap tahun abrasi menerjang, namun sampai saat ini belum ada upaya penanggulangan dari pemerintah. Kalau yang berjanji banyak," tuturnya
 
Ia berharap pemerintah agar segera membangun pengaman tebing untuk mengatasi abrasi tersebut mengingat sudah banyak rumah warga yang mengalami kerusakan akibat diterjang air pasang.

Baca juga: Dinding rumah di Abdya rusak dihantam gelombang laut

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023