Sebanyak 154 jamaah calon haji (calhaj) Kabupaten Aceh Tengah mulai mengikuti bimbingan manasik haji di Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kemenag Aceh Tengah.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji pada tahun ini," kata  Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan diwakili Asisten Pemerintahan Keistimewaan dan Kesra Setdakab Aceh Tengah Mursyid di Aceh Tengah, Senin.

Ia menjelaskan, bimbingan manasik haji tersebut bertujuan untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan bagi jamaah serta untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat islam.

Baca juga: Calon jamaah haji diimbau waspadai MERS-CoV

Dia berharap agar para jamaah calon haji juga dapat terus memperdalam pemahaman seputar ibadah haji agar nantinya dapat beribadah maksimal selama berada di Tanah Suci. 

"Kami berpesan kepada jamaah calon haji agar meluruskan niat dalam berhaji yaitu karena Allah SWT bukan karena niat-niat lain yang bersifat keduniawian," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah Saidi B mengatakan untuk kegiatan manasik haji tingkat kecamatan telah dilaksanakan pada awal Mei lalu.

“Kemudian untuk pemusatan bimbingan manasik tingkat kabupaten akan berlangsung mulai hari ini hingga (16/5) besok,” katanya.

 

Sementara itu, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh menyebut keberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama calhaj asal Aceh musim haji tahun 2023 dijadwalkan pada 24 Mei mendatang.

“Jamaah kloter pertama mulai masuk asrama 23 Mei dan terbang pada 24 Mei, pukul 07.45 WIB,” kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Aceh Arijal.

Tahun ini, Aceh mendapat kuota haji tahun ini sebanyak 4.378 jamaah. Keberangkatan calon haji Aceh tergabung dalam 12 kloter. Unutk kloter pertama yang akan berangkat yaitu jamaah asal Banda Aceh, Aceh Besar dan Pidie Jaya.

Sementara Aceh Tengah akan berangkat pada 28 Mei mendatang, bersama jamaah calon haji asal Kabupaten Aceh Tenggara, dan Bener Meriah.

Baca juga: 564 calhaj reguler Banda Aceh mulai lakukan manasik haji

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023