Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Teuku Raja Keumangan (TRK) meminta perusahaan tambang PT Bara Energi Lestari (BEL) yang beroperasi di Kabupaten Nagan Raya menambah jumlah desa ring I atau binaannya.

"Kita minta kepada PT BEL segera memperluas desa Ring I untuk menjadi bagian dari desa binaan perusahaan," kata Teuku Raja Keumangan, di Banda Aceh, Jumat.

Saat ini, PT Bara Energi Lestari telah memiliki desa binaan dalam Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya, seperti Gampong Krueng Ceuko, Paya Udeung, Kuta Aceh, Alue Buloh dan Krueng Mangkom. 

Baca juga: TRK minta masyarakat Aceh tak anarkis sikapi gangguan BSI

Karena itu, TRK berharap pihak perusahaan menambahkan tiga desa binaan lagi yakni Gampong Lhok Padang, Latong dan Kuta Paya yang juga berada dalam wilayah perusahaan beroperasi. 

"Ketiga desa ini juga berada dalam wilayah perusahaan, maka saya harap persoalan ini dapat segera ditindaklanjuti," ujarnya.

 

Permintaan tersebut disampaikan TRK setelah dirinya bertemu perwakilan tokoh masyarakat dalam rangka menyerap aspirasi dari ketiga gampong itu.

TRK menilai, keinginan masyarakat ingin masuk dalam desa binaan tersebut perlu dipertimbangkan mengingat warga setempat juga ikut merasakan dampak dari aktivitas perusahaan baik itu debu serta permasalahan lingkungan lainnya yang ditimbulkan.

Apalagi, lanjut TRK, para karyawan hingga kendaraan yang mendukung aktivitas pertambangan batubara perusahaan juga melewati tiga daerah tersebut.

“Maka permintaan masyarakat saya rasa benar-benar harus diaminkan pihak perusahaan. Sehingga mereka juga mendapatkan pemberdayaannya," demikian TRK.

Baca juga: TRK harap mudik lebaran tahun ini berjalan aman dan lancar di Aceh

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023