Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominsa) Aceh dan Dinas Komunikasi, Informatika (Diskominfo) Jawa Barat menjalin kerja sama untuk mengembangkan potensi daerah dan peningkatan pelayanan publik.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominsa) Aceh Marwan Nusuf dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat Ika Mardiah yang dilangsungkan di Jawa Barat.

“Kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan kualitas layanan publik, literasi digital dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK),” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominsa) Aceh Marwan Nusuf dihubungi di Banda Aceh, Jumat.


Baca juga: Pemerintah Aceh raih penghargaan Kualifikasi Informatif

Ia menjelaskan kerja sama tersebut, seperti pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang meliputi pemanfaatan dan pengembangan sistem elektronik pemerintah, pengembangan dan pengelolaan infrastruktur command centre, pusat data dan jaringan intra-pemerintah, penguatan tata kelola dan manajemen TIK, manajemen keamanan informasi serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) TIK.

Ia mengatakan untuk sektor penguatan literasi digital meliputi pemanfaatan berbagai media dan layanan digital pemerintah diseminasi, sosialisasi dan edukasi literasi digital, kolaborasi dan pengembangan literasi digital.


 


Sementara dalam penerapan kebijakan Satu Data meliputi penguatan pengelolaan statistik sektoral dan geospasial, pengembangan dan pengelolaan tata kelola dan manajemen satu data dan pengembangan SDM.

“Perjanjian yang berlaku untuk jangka waktu lima tahun tersebut memberi dampak positif dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di daerah masing-masing,” katanya.

Ia mengatakan kerja sama tersebut juga sebagai batu loncatan dalam mengejar ketertinggalan menciptakan ekosistem data dan peta, sehingga satu data dan satu peta Aceh dapat terwujud.
 

“Kerja sama ini merupakan sebuah momentum bagi Pemerintah Aceh, karena didukung penuh oleh program SKALA (Sinergi dan Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar),kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia," katanya.

Menurutnya, ketiga aspek yang tertuang dalam kerja sama bisa saling menopang untuk mempercepat transformasi digital nasional dan meningkatkan etika masyarakat yang berinteraksi di ruang digital atau dunia maya.

Baca juga: Diskominsa Aceh Barat optimalkan layanan informasi publik

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023