Universitas Islam Negeri (UNI) Ar Raniry Darussalam Banda Aceh pada tahun akademik 2023/2024 menerima 1.852 mahasiswa baru dari jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (UM-PTKIN).

Tahun 2023 akan memperebutkan 1.852 kursi yang disiapkan lewat jalur tersebut.

“Dari 3.568 peserta ujian dengan aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE), yang kami terima sebanyak 1.852 mahasiswa yang tersebar di 28 program studi (Prodi),” kata Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Mujiburrahman di Banda Aceh, Senin.
 

Ia menjelaskan program studi yang paling diminati di UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada jalur tersebut adalah Prodi Ekonomi Syariah, Prodi Perbankan Syariah dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak.

Kepala Bagian Akademik UIN Ar-Raniry Banda Aceh Fadhli mengatakan bahwa dari total calon mahasiswa yang mengikuti ujian di Panlok UIN Ar-Raniry Banda Aceh terdapat dua orang penyandang disabilitas.

"Kita telah menyiapkan fasilitas ujian dan petugas khusus untuk memberikan pelayanan kepada mereka yang berkebutuhan khusus," kata Fadhli.

Fadhli menyebutkan UM-PTKIN 2023 yang dilaksanakan serentak secara nasional tersebut berlangsung di 59 titik lokasi. UIN Ar-Raniry Banda Aceh sebagai salah satu panitia lokal (Panlok) mempersiapkan enam lokasi dan 103 ruang dengan 10 sesi.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Muhammad Yasir Yusuf menjelaskan bahwa UM-PTKIN 2023 di Panlok UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang digelar secara online-onsite tersebut, berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 29-31 Mei dan 5 Juni 2023.

Para peserta menggunakan aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) dan ujian menggunakan komputer (PC/Laptop) yang disediakan panitia di ruang-ruang lokasi ujian.
 

"UMPTKIN merupakan jalur ujian masuk tahap keempat, untuk tahun ini secara umum kita akan menerima 6.185 mahasiswa baru melalui semua jalur," katnya.

Setelah UMPTKIN, UIN Ar-Raniy masih membuka tiga jalur mandiri, yakni seleksi secara mandiri PMB Lokal, merupakan seleksi berdasarkan tes dilakukan dengan menggunakan tes terstandar berbasis komputer di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Selanjutnya, seleksi mandiri portofolio yang seleksinya dengan menggunakan atau memanfaatkan nilai dari hasil UTBK SNBT atau SSE UM-PTKIN tahun 2023 dan seleksi mandiri prestasi, yaitu seleksi berdasarkan prestasi akademik dan/atau nonakademik dan prestasi dayah,seperti kemampuan membaca dan menelaah kitab.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023