Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan mengajukan sejumlah usulan ke Kementerian Desa Pembangunan Tertinggal dan Transmigrasi untuk keberlanjutan pembangunan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Ketapang. 

Mirzuan menemui langsung Dirjen Transmigrasi Danton Ginting Munthe di Jakarta, Selasa, guna membahas sejumlah program terkait. 

"Ini semua kita lakukan sebagai upaya untuk pengembangan pembangunan kawasan transmigrasi KTM Ketapang Nusantara. Proposal sudah kita sampaikan dan sudah diterima langsung pihak Dirjen," kata T Mirzuan. 


Baca juga: Lantik 31 keuchik, ini pesan Bupati Aceh Selatan

Dia berharap Kementerian Desa PDTT dapat mendukung pembangunan kawasan transmigrasi di Aceh Tengah seperti KTM Ketapang Nusantara. 

Mirzuan juga menyampaikan kawasan transmigrasi tersebut telah dibangun sejak tahun 2014 dengan menerapkan pola peternakan untuk sumber ekonomi warganya. Namun pembangunannya terhenti pada tahun 2019.

 

"Semoga dengan pertemuan hari ini mendapatkan hasil dan solusi dari pihak Kementerian serta untuk dapat menuntaskan berbagai masalah dengan dukungan pengembangan kembali pembangunan KTM Ketapang," ujarnya. 

Sementara itu, Dirjen Transmigrasi Danton Ginting Munthe mengatakan KTM Ketapang Nusantara memang merupakan salah satu program prioritas nasional. 

Menurutnya berdasarkan hasil evaluasi pengukuran proyeksi indeks pengembangan transmigrasi KTM Ketapang pada tahun 2022 berada pada angka 56,33 atau disimpulkan pembangunannya masih kurang dari target. 

"Artinya indeks masih kurang dari target yang ada, wajib didorong dengan memperhatikan lima dimensi, yaitu ekonomi, sarana prasarana, lingkungan, kelembagaan, dan sosial budaya. Kita akan bantu mengkolaborasikan lintas sektor dari kementerian terkait dan investor dan kita telah mengusulkan dukungan Sapras ke Kementerian PUPR dan Bappenas untuk KTM ketapang," katanya.


Baca juga: Disimpan dalam jok motor, Rp74 juta dana desa Gampong Blang Riek Pidie raib

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023