Perputaran uang selama pelaksanaan pameran Gelar Teknologi Tepat Guna XXIV tingkat Provinsi Aceh yang dipusatkan di Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar, mencapai Rp2,43 miliar.

Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Aceh Besar, Sabtu, mengatakan pameran teknologi tepat guna tersebut membuat perekonomian masyarakat berdenyut.

"Ini bisa dilihat dari perputaran uang selama pameran mencapai Rp2,43 miliar. Itu hanya di arena pameran. Belum lagi yang diluar, karena selama TTG berlangsung, banyak orang berkunjung ke Kota Jantho," kata Muhammad Iswanto.

Baca juga: Waw ini perputaran uang selama kegiatan expo Bhayangkara sebesar Rp54,73 miliar

Pameran Gelar TTG XXIV Provinsi Aceh berlangsung Kompleks Jantho Sport Centre sejak 30 Mei hingga 2 Juni 2023. Pameran tersebut diikuti 17 dari 23 kabupaten kota se Provinsi Aceh.

Selain produk tepat juga, pameran tersebut juga memamerkan produk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM). Dari Kabupaten Aceh Besar, ada 20 UMKM binaan pemerintah daerah memamerkan produk dihasilkan.

Transaksi terbanyak berasal dari penjualan produk UMKM dengan nilai mencapai Rp2,26 miliar. Produk UMKM yang diperjualbelikan di antaranya kuliner, suvenir, pakaian, dan lainnya.

Baca juga: Ini total perputaran uang selama Aceh Culinary Festival di Banda Aceh

Kemudian, penjualan produk pameran yang dikelola PKK dengan transaksi mencapai Rp91 juta. Serta transaksi penjualan di arena pameran kabupaten kota dengan nilai mencapai Rp78 juta.

"Alhamdulillah, banyak produk UMKM dari Aceh Besar terjual di pameran TTG ini seperti kain songket, anyaman,.kuliner, dan lainnya. Pameran TTG turut berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat," kata Muhammad Iswanto.

 

Menurut Muhammad Iswanto, banyaknya produk UMKM yang terjual di Gelar TTG tersebur menunjukkan pembinaan UMKM di Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Besar, berjalan dengan baik. Bahkan, sebagian produk UMKM tersebut sering diikutsertakan di berbagai pameran tingkat nasional.

Sebagai tuan rumah Gelar TTG, Muhammad Iswanto mengatakan sudah mempersiapkan semuanya. Termasuk kenyamanan peserta dari kabupaten kota dan juga pengunjung pameran tersebut.

"Selain itu, dukungan masyarakat juga begitu besar, sehingga kegiatan tahunan tersebut terselenggara dengan sukses. Dan ini membuktikan bahwa Kota Jantho siap menjadi tuan rumah berbagai kegiatan tingkat nasional. Apalagi ke depan, kami juga mengajukan menjadi tuan rumah MTQ Provinsi Aceh," kata Muhammad Iswanto. 

Baca juga: Presiden Jokowi ingatkan jaga perputaran uang di desa

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023