Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan mengajak masyarakat mendukung dan memberikan suara terhadap dua unsur wisata di kabupaten itu yang masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan Muchsin yang dihubungi dari Banda Aceh, Rabu, mengatakan dua unsur wisata yang masuk nominasi API tersebut yakni kategori destinasi unik Guha Bate Meucang dan kategori minuman tradisional jus nipah.

"Kami mengajak masyarakat memberikan dukungan sebanyak-banyak kepada dua nominasi tersebut, baik melalui akun resmi API 2023 di Instagram, YouTube, ataupun SMS," kata Muchsin.


Baca juga: ASPPI kembangkan pariwisata pulau terluar di Aceh Besar

Untuk Instagram, kata Muchsin, dengan mengikuti akun @ayojalanjalanindonesa. Selanjutnya memilih tombol suka gambar Guha Bate Meucanang pada kategori destinasi unik serta tombol suka pada gambar jus nipah untuk kategori minuman tradisional. Kemudian, memberi komentar kepada keduanya.

Sedangkan untuk Youtube, kata Muchsin, dengan menonton, menekan tombol suka serta memberi komentar pada video Guha Bate Meucanang dan jus nipah sebagai bentuk dukungan.

"Dukungan juga bisa diberikan melalui SMS dengan mengetik API 16E untuk Guha Bate Meucanang dan API 2C untuk jus nipah serta mengirim ke nomor 99386," kata Muchsin.

Muchsin mengatakan dukungan diberikan sangat berarti bagi kemajuan pariwisata Kabupaten Aceh Selatan. Apalagi sejak beberapa tahun terakhir, nominasi API dari Kabupaten Aceh Selatan selalu meraih juara.

Pada 2022, dua nominasi API dari Aceh Selatan yang Pulau Dua, meraih juara satu kategori destinasi kreatif serta Benteng Trumon, meraih juara satu untuk kategori situs sejarah.

Baca juga: ASPPI kembangkan pariwisata pulau terluar di Aceh Besar


Begitu juga pada 2021, juga nominasi API dari Aceh Selatan juga meraih juara, yakni Sigantang Sira dan Anjungan Tapaktuan Tapa. Serta pada 2020, dua nominasi API Aceh Selatan juga meraih juara, cenderamata rencong batu dan wisata air selancar ombak.

"Anugerah Pesona Indonesia ini merupakan sarana promosi pariwisata Kabupaten Aceh Selatan. Untuk masuk nominasi, juga tidak mudah. Semua kabupaten kota di Indonesia mengirimkan unsur pariwisata mengikuti API," kata Muchsin.

Menurut Muchsin, masuknya nominasi maupun juaranya unsur pariwisata Aceh Selatan di ajang Anugerah Pesona Indonesia menunjukkan pariwisata di kabupaten di pesisir selatan Provinsi Aceh tersebut semakin dikenal.

"Ajang API tersebut berpengaruh pada promosi pariwisata di Kabupaten Aceh Selatan. Kami terus bekerja keras agar pariwisata Aceh Selatan semakin dikenal, sehingga mendatangkan banyak wisatawan," kata Muchsin.

Baca juga: BPPA: Pekan Kebudayaan Aceh jadi ajang promosi pariwisata

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023