Permintaan hewan ternak sapi dan kambing untuk kebutuhan qurban dan meugang hari raya Idul Adha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi di Kota Lhokseumawe mulai meningkat. 

Petani ternak Azhur di Lhokseumawe, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya mulai memasok hewan ternak sapi dan kambing hingga 80 ekor dalam sepekan untuk kebutuhan qurban dan meugang jelang Idul Adha.

"Permintaan hewan ternak sudah meningkat sejak sepekan terakhir, namun untuk tahun ini lebih dominan sapi dibandingkan kambing, karena pasca pulihnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi," katanya. 

Baca juga: Persediaan hewan ternak hari raya kurban di Aceh capai 125.563 ekor

Azhur menambahkan, tingginya kebutuhan hewan ternak tersebut, membuat para petani ternak di Lhokseumawe mulai memasok sapi dan kambing, yang dibeli dari peternak lokal.

"Alhamdulillah tahun ini permintaan meningkat, target saya dapat terjual maksimal 100 ekor. Kami ambil dari peternakan hasil sapi lokal budidaya sendiri," ujarnya. 


 

Azhur menambahkan untuk harga sapi tahun ini berkisar Rp14 juta hingga Rp28 juta per ekor, harga tersebut mengalami peningkatan Rp2,5 juta per ekor. Sementara untuk harga kambing pada kisaran Rp4 juta, naik dari tahun sebelumnya berkisar Rp1,5 juta. 

"Untuk permintaan akan terus meningkat hingga jelang tujuh hari Idul Adha," katanya. 

Sementara itu, Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Pangan (DKPPP) Kota Lhokseumawe mencatat persediaan hewan kurban pada Idul Adha 1444 Hijriah di daerah itu mencapai 3.745 ekor.

"Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh petugas tim pemantauan dan pengawasan hewan kurban, total persediaan hewan kurban mencapai 3.745 ekor," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPPP Kota Lhokseumawe. 

Dikatakan Afriza, pihaknya juga akan menyurati camat di setiap kecamatan terkait kebutuhan hewan qurban dan meugang. Adapun dari total 3.745 ekor hewan qurban tersebut yakni terdiri dari 1.670 ekor sapi, 1.750 ekor kambing dan 325 ekor domba. 

"Angka tersebut mampu memenuhi kebutuhan yang diperlukan, jikapun nanti kurang, kita akan memasok dari daerah tetangga yakni dari Kabupaten Aceh Utara," ujarnya. 


Baca juga: Persediaan hewan qurban di Aceh Utara capai 17.263 ekor

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023