Dinas Pertanian dan Pangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh memastikan persediaan hewan ternak cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melaksanakan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

“Berdasarkan hasil survei petugas peternakan di lapangan, stok hewan kurban Insya Allah cukup,” kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Abdya EZ Muntasir di Blangpidie, Minggu.

Adapun persediaan hewan ternak untuk kurban Idul Adha di daerah itu yakni domba 633 ekor, kambing 450 ekor, kerbau 175, dan sapi 104 ekor. Kata dia, jumlahnya akan lebih banyak lagi.

Saat ini petugas masih terus mendata di lapangan.   

Ribuan ekor ternak untuk hewan kurban tersebut tersebar di Kecamatan Babahrot, Kuala Batee, Jeumpa, Susoh, Blangpidie, Setia, Tangan-Tangan, Manggeng dan Kecamatan Lembah Sabil. 

“Kami perkirakan stok hewan kurban ini terus bertambah. Karena proses pendataan yang dilakukan oleh petugas peternakan di lapangan belum selesai, baru sekitar 80 persen,” kata Muntasir.

Selain itu, lanjut dia, banyak juga hewan ternak dari kabupaten tetangga seperti dari Gayo Lues, Subulusalam, Nagan Raya dan Aceh Barat  yang akan didatangkan oleh para pedagang ke Abdya jelang Idul Adha.

“Berbeda dengan jumlah hewan ternak untuk kebutuhan masyarakat pada hari meugang. Kalau persediaan hewan ternak untuk dipotong pada hari tradisi sehari sebelum lebaran itu ada sekitar 244 ekor,” katanya

Ia menjelaskan, persediaan hewan ternak untuk kebutuhan hari meugang di antaranya sapi sebanyak 95 ekor dan kerbau sebanyak 149 ekor yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Abdya

“Kalau harga daging hari meugang ini diperkirakan Rp180 ribu per kilogram. Berbeda saat meugang Idul Fitri. Meugang Idul Adha minat warga beli daging agak kurang karena sudah tersedia daging kurban,” ujarnya.

Baca juga: Jelang Idul Adha, permintaan hewan qurban di Lhokseumawe meningkat

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023