PT Solusi Bangun Andalas (SBA) bersama dengan masyarakat di Gampong Pulot, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar, menggagas program budi daya udang vaname menggunakan metoda bioflok dalam upaya meningkatkan pendapatan nelayan dan produksi komoditas tersebut.

“Aceh Besar menjadi sentral produksi tambak udang vaname dan potensi yang ada ini kita manfaatkan secara maksimal guna memenuhi kebutuhan udang cukup tinggi di pasaran,” kata General Manager SBA Anwar Bakti di Leupung, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela panen udang vaname yang dibudidayakan sejak Oktober 2022 bersama dengan Kelompok Sumber Daya Leupung di Gampong Pulot, Kabupaten Aceh Besar.

Ia menjelaskan udang menjadi salah satu komoditas perikanan di Indonesia yang memiliki peluang besar untuk dikembangkan sehingga pihaknya melibatkan Kelompok Sumber Daya Leupung yang terdiri dari kelompok nelayan yang berasal dari 6 gampong di Kemukiman Leupung untuk menjalankan program tersebut.

Ia mengatakan selama ini, penghasilan kelompok nelayan tersebut sangat ditentukan oleh cuaca dan iklim, karena hanya mengandalkan tangkapan ikan air laut, sehingga apabila sudah masuk musim barat (muson) selama tiga hingga lima bulan, maka kelompok nelayan tidak memiliki penghasilan.

“Kehadiran budidaya udang vaname ini sangat membantu kelompok nelayan dalam mendapatkan penghasilan yang berkesinambungan,” katanya.

Menurut dia potensi-potensi besar tersebut harus dimanfaatkan dengan maksimal, sehingga memberikan hasil yang maksimal kepada seluruh penerima manfaat khususnya dan masyarakat daerah pelaksanaan program umumnya.

Menurut dia program-program CSR SBA selalu mengacu pada potensi-potensi yang ada di masing-masing wilayah, sehingga setiap program dapat memberikan manfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan.

“Alhamdulillah hasil panen tahap pertama sangat menggembirakan yakni sebanyak 100 kilogram. Kita akan terus pantau dan mendampingi kelompok ini. Saya yakin, program ini akan terus berkembang dan mampu menjadi salah satu sentral produksi udang vaname terbaik di Provinsi Aceh,” kata Anwar

Perwakilan Kelompok Sumber Daya Leupung Isranuddin mengatakan program budidaya udang vaname dengan metoda bioflok ini memiliki banyak manfaat antara lain dapat meningkatkan laju pertumbuhan udang, hasil panen udangnya jadi lebih gurih dan enak, penggunaan lahan tambak lebih efisien, dapat meningkatkan penghasilan serta mengurangi ketergantungan masyarakat kemukiman Leupung pada pasokan udang dari luar daerah.

“Program ini sangat bermanfaat dan membantu kami. Hari ini kita telah memanen hasil kerja keras kita bersama, dan hasil panennya juga langsung di beli oleh karyawan/wati SBA,” katanya.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023