Ibadah haji pada tahun ini menjadi penggemblengan spiritual bagi bakal calon presiden (Capres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo.

"Ibadah haji pada tahun ini menjadi ajang penggemblengan spiritual bagi Ganjar Pranowo," ujar Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Said membagikan cerita yang disampaikan oleh Ganjar Pranowo kepada Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani usai berjumpa dengan berbagai ulama dan habib di Tanah Suci.

"Mas Ganjar menyatakan kalau beliau benar-benar nyantri selama di Tanah Suci ini. 'Saya mendapatkan banyak wejangan dari banyak ulama dan habib yang sedang menunaikan ibadah haji'," kata Said menirukan pernyataan Ganjar Pranowo.


Baca juga: Pengamat nilai dukungan Jokowi ke Ganjar sudah jelas

Selain itu, Said mengatakan bahwa Ganjar merasa dimudahkan selama menjalani haji. Ganjar beribadah layaknya warga negara Indonesia pada umumnya, yakni tanpa pengawalan, terlebih protokoler standar pejabat tinggi negara.

"Selama wukuf, tawaf ifadah, hingga sai berjalan lancar, hatinya adem, 'Saya tidak kepanasan loh Mbak, rasanya kok ada energi yang menggerakkan saya'," ujar Said ketika kembali menirukan pernyataan Ganjar kepada Puan.

Selain bertemu dengan banyak ulama dan habib, Ganjar yang juga merupakan Gubernur Jawa Tengah berziarah ke makam al mukarom, almarhum K.H. Maimoen Zubair, sebagaimana dituturkan oleh Said Abdullah.

"Mas Ganjar tentu tidak bisa melupakan jasa besar Mbah Moen," ujar Said.

Baca juga: Pemerintah Aceh diminta dukung Jateng Usulkan Pocut Meurah Intan jadi pahlawan nasional

Pewarta: Putu Indah Savitri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023