Kepolisian Resor (Polres) Aceh Timur menggelar Operasi Patuh Seulawah 2023 selama 14 hari mulai 10 hingga 23 Juli 2023 dengan sasaran sejumlah pelanggaran lalu lintas.

Sebelum dimulainya pelaksanaan operasi, diawali dengan apel gelar pasukan yang dipimpin Dandim 0104/Atim Letkol Inf Tri Purwanto di Lapangan Apel Sarja Arya Racana Polres Aceh Timur, Senin.

Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah usai mengikuti apel gelar pasukan menyebutkan operasi ini dilaksanakan setiap tahun dan merupakan kalender kamtibmas.

“Keselamatan berlalu lintas di jalan raya dan tingkat kepatuhan masyarakat Aceh Timur pada umumnya terhadap hukum dan perundang-undangan lalu lintas sangat memprihatinkan," kata Andy Rahmansyah.

Hal tersebut, merupakan permasalahan yang kompleks dan tidak dapat ditangani oleh Polri sendiri, tetapi diperlukan adanya sinergi para pemangku kepentingan dalam menemukan akar masalah dan menentukan solusi penyelesaiannya secara menyeluruh.

Ada delapan prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas pada Operasi Patuh Seulawah 2023 ini, di antaranya tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk keselamatan bagi pengguna roda empat.

“Kemudian bermain telepon genggam saat berkendara, pengendara atau pengemudi di bawah umur, berboncengan lebih dari dua orang, mabuk saat berkendara, melawan arus dan melebihi batas kecepatan,” kata Kapolres.

Polres Aceh Timur berharap masyarakat patuh, menjaga sopan santun dan penuh etika ketika berkendara, membawa surat-surat dan kelayakan kendaraan.

"Pada prinsipnya operasi ini menitikberatkan kegiatan edukatif dan persuasif. Meskipun ada penegakan hukum, ini dilakukan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Karena dengan disiplin, maka pelanggaran dan kecelakaan lalulintas dapat ditekan," kata Andy Rahmansyah.

Sementara itu, Dandim 0104/Atim Letkol Inf Tri Purwanto pihaknya bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Timur siap mendukung Operasi Patuh Seulawah 2023 yang akan dilaksanakan Polres Aceh Timur guna meminimalisir pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas

“Operasi ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan kamseltibcarlantas khususnya di Kabupaten Aceh Timur dan Provinsi Aceh pada umumnya.” kata Tri Purwanto.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023