Purnawirawan polisi AKBP Ahmad Untung Surianata alias Untung Sangaji yang sempat viral karena aksinya melumpuhkan teroris di Sarinah 2016 lalu maju menjadi calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) pada pemilihan legislatif 2024 mendatang.

"Iya pak Untung Sangaji maju jadi caleg dari Dapil 5 wilayah Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara," kata Wakil Ketua DPW NasDem Aceh Thamren Ananda di Banda Aceh, Rabu.

Maju jadi Caleg DPR Aceh, mantan Kapolres Aceh Utara tersebut bakal bertarung di Dapil 5 Lhokseumawe dan Aceh Utara melalui kendaraan partai besutan putra asli Aceh Surya Paloh yakni NasDem.

Menurut Thamren, kehadiran Untung Sangaji ini dinilai bisa mendulang suara NasDem pada pesta demokrasi 2024 nanti, hal itu karena yang bersangkutan sangat dikenal masyarakat di wilayah Dapil tersebut.

Apalagi, sebelum menetapkan Untung menjadi caleg, pihaknya sudah terlebih dahulu melakukan kajian dan survei, sehingga memutuskan yang bersangkutan sebagai calon legislatif.

"Sangat mendulang suara Nasdem, beliau sangat dikenal di wilayah Lhokseumawe Aceh Utara, pernah jadi Kapolres di sana. Dia punya prestasi yang bagus dan juga dekat dengan masyarakat di sana," ujar Thamren.

Sementara itu, Untung Sangaji mengatakan bahwa dirinya dilamar oleh partai NasDem untuk menjadi kontestan pada Pemilu 2024 mendatang di Aceh. 

"Kebetulan saya dilamar, saya diminta oleh Nasdem ya saya ikut saja, karena mungkin saya pernah baik di situ, masyarakat merasakan nyaman dengan saya," kata Untung.

"Kalau menyangkut Dapil Lhokseumawe dan Aceh Utara, saya ikut perintah pimpinan yang ada di sini," tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Untung menyampaikan bahwa dirinya saat ini (dari sebelum dipanggil NasDem) sedang mencanangkan program bantuan 9 ribu sertifikat tanah gratis untuk masyarakat. 

Program tersebut sudah pernah dirinya sukseskan hingga menyelesaikan 4 ribu sertifikat untuk masyarakat saat menjadi Kapolres Aceh Utara dulu dalam waktu kerja hanya 117 hari.

Dirinya menegaskan, dengan adanya sertifikat tersebut, maka nilai ekonomi dan investasi masyarakat semakin baik .

"Saya Insya Allah bantu apa adanya, 9 ribu dulu dicanangkan, kalau kurang nanti kita tambah lagi. Sesuai dengan keinginan masyarakat," demikian Untung Sangaji.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023