Parade Internasional dengan menampilkan ragam pakaian tradisional antar negara menjadi penutup International Food Festival (IFF) di Universitas Syiah Kuala (USK) kata pejabat di perguruan tinggi tersebut.

“Parade internasional ini merupakan bagian memperkenalkan keragaman budaya dunia kepada mahasiswa lokal dan warga,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK, Prof Mustanir di Banda Aceh, Rabu.   

Ia menjelaskan saat ini ada banyak mahasiswa asing di USK, di mana kehadiran mereka begitu berharga untuk saling belajar dan mengenal budaya antar bangsa.


Baca juga: Tips memilih baju sarimbit untuk Lebaran

Mahasiswa USK asal Turkmenistan Ashyyev Toyly mengaku senang bisa terlibat dalam Parade Internasional tersebut dengan ikut mengenakan turkmen telpek (topi) dan turkmen don (baju) khas negaranya, dengan baju terusan hitam berpadu luaran bendera Turkmenistan.  

"Senang bisa memperkenalkan budaya Turkmenistan di Indonesia, khususnya Aceh. Parade Internasional ini menjadi pengalaman tak terlupakan selama saya kuliah di USK," kata Toyly.


 


Selain Parade Internasional, IFF 2023 juga menghadirkan kegiatan seperti demo masak masakan internasional, mini game, beauty talkshow, dan hiburan musik.

Sebelumnya, Universitas Syiah Kuala telah menyelesaikan pelaksanaan The Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Varsity Carnival yang berlangsung di kampus tersebut sejak 8 sampai 12 Juli 2023.  

Vice President of Varsity Council Assoc. Prof. Dr. Vouvath Samsak menyampaikan terima kasih kepada USK yang telah bekerja keras untuk menyukseskan agenda tahunan yang diikuti peserta dari tiga negara yakni Indonesia, Malaysia, dan Thailand.  

Adapun jumlah peserta IMT-GT sebanyak 603 orang terdiri dari 497 mahasiswa dan 106 official. Mereka berasal dari 12 perguruan tinggi yang terlibat dalam forum IMT GT.

Dari 12 kampus tersebut, empat di antaranya dari Indonesia yaitu Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, dan Universitas Negeri Padang (UNP).

Kemudian empat kampus dari Malaysia yaitu Universiti Sains Malaysia (USM), Universiti Utara Malaysia (UUM), Universiti Technology Mara Arau Perlis (UiTM), University Malaysia Perlis (UniMAP).

Selanjutnya empat kampus lainnya dari Thailand yaitu Thailand are Prince Of Songkla University (PSU), Rajamanggala University of Technology Srivijaya (RUTVS), Thaksin University (TSU) and Walailak University (WU).

 

Baca juga: International food festival USK hadirkan belasan kuliner mancanegara

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023