Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mencatat luas lahan sawah yang tersebar di 12 kecamatan di kabupaten setempat hingga tahun 2023 mencapai 10.154 hektare (Ha) dari luas lahan sebelumnya sekitar 14.000 Ha.

“Berkurangnya lahan sawah di Kabupaten Aceh Barat ini terjadi akibat alih fungsi lahan di masyarakat,” kata Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Aceh Barat, Safrizal kepada ANTARA di Meulaboh, Kamis.

Menurut Safrizal, sebagian besar areal sawah produktif di Kabupaten Aceh Barat mengalami alih fungsi lahan menjadi perkebunan kelapa sawit, serta perkebunan lainnya.

Baca juga: Memprihatinkan, Pemkab Aceh Barat terpaksa siapkan pompa air atasi 1.521,5 Ha sawah kekeringan

Selain itu, adanya perluasan permukiman penduduk juga menjadi salah satu faktor berkurangnya lahan sawah di Kabupaten Aceh Barat.

Safrizal mengatakan meski mengalami pengurangan lahan sawah, pada tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mencatat adanya peningkatan produksi padi di daerah itu mencapai sekitar 102.000 ton.

Menurutnya, adanya pengurangan lahan sawah di daerah ini dipastikan tetap akan mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, mengingat saat ini luas lahan sawah di Kabupaten Aceh Barat masih sangat produktif dan bisa ditanami padi.

“Memang kita akui adanya pengurangan lahan sawah, namun kami pastikan lahan sawah di Aceh Barat masih bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” demikian Safrizal.

Baca juga: Hanya 386 dari 1.900 hektare sawah Aceh Barat bisa digarap karena kemarau

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023