Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) tahun 2023 kategori madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) pada peringatan Hari Anak Nasional 2023 di Semarang, Jawa Tengah. 

"Ini kerja keras seluruh jajaran Pemkab Aceh Tengah bersama masyarakat yang telah berperan aktif dan berpartisipasi langsung mewujudkan Kota Takengon sebagai predikat Madya Kota Layak Anak," kata Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan di Takengon, Senin. 

Ia menjelaskan penghargaan untuk kategori madya merupakan yang pertama kali diraih Aceh Tengah sebagai Kota Layak Anak. 

Sebelumnya, daerah dataran tinggi Gayo ini hanya meraih penghargaan untuk kategori pratama selama dua tahun terakhir. 

Atas penghargaan itu, lanjut dia, Pemkab Aceh Tengah juga berkomitmen untuk terus berupaya terhadap pemenuhan hak anak yang memang menjadi perhatian bersama, 

“Hasilnya komitmen selama ini diapresiasi dengan kategori madya oleh pemerintah pusat. Ini bentuk keseriusan kita dan harus ditingkatkan," ujarnya.

Ia menambahkan tanggung jawab utama untuk melindungi, mendidik, dan mengembangkan anak memang terletak pada keluarga. Namun pemerintah dan lingkungan masyarakat juga sangat berperan untuk mengawasi.

"Peran pemerintah menghormati hak anak dan menjamin kesejahteraan anak serta memberikan bantuan dan bimbingan yang layak bagi orangtua dan keluarga supaya dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang aman dan suasana yang nyaman," ujarnya. 
 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023