Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA-RI) menobatkan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, sebagai kabupaten layak anak (KLA) tahun 2023 kategori madya.

"Alhamdulillah, tahun ini kita naik satu tingkat dari pratama menjadi Madya,” kata Wakil Gugus Tugas KLA Kabupaten Nagan Raya Rahmatullah di Suka Makmue, Senin.

Pada tahun 2022, kata dia, Kabupaten Nagan Raya mendapatkan penghargaan sebagai KLA kategori pratama.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya berkomitmen terus berupaya melakukan transformasi konvensi hak anak ke dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang ditujukan untuk pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Ia mengatakan Kabupaten Nagan Raya berhasil meningkatkan komitmennya dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak.

Hal itu, kata Rahmat, dibuktikan dengan suksesnya Kabupaten Nagan Raya meraih predikat madya dalam evaluasi kabupaten/kota layak anak dari Kementerian PPPA RI. Pemkab Nagan Raya bertekad untuk meningkatkan peringkat KLA menjadi kategori nindya hingga utama.

Rahmatullah menjelaskan penobatan KLA kategori madya untuk Kabupaten Nagan Raya karena berhasil memenuhi 24 indikator yang dipersyaratkan yang tertuang dalam indikator umum kelembagaan dan lima klaster, yaitu klaster hak sipil dan kebebasan, klaster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif.

Kemudian klaster kesehatan dasar dan kesejahteraan, klaster pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni dan budaya, dan klaster perlindungan khusus.

KLA 2023 diberikan kepada 360 kabupaten kota, yang terdiri dari 19 kategori utama, 76 kategori nindya, 130 kategori madya, dan 135 kategori pratama.

Penjabat Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas mengatakan dirinya turut berbangga atas prestasi yang raih dan menjadi motivasi dalam upaya peningkatan kinerja serta sinergi antarlembaga terkait dalam perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak.

"Terima kasih kepada Gugus Tugas KLA yang telah bekerja dengan baik, dan juga kepada masyarakat Nagan Raya serta pihak terkait lainnya yang telah mendukung, sehingga kita bisa memperoleh penghargaan sebagai KLA kategori madya," kata Fitriany.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023