Badan Narkotika Nasional (BNN) merazia Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Banda Aceh guna mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di penjara tersebut.

Kepala Bidang Pemberantasan dan Intelijen BNN Provinsi Aceh Kombes Pol Beridiansyah di Banda Aceh, Kamis, mengatakan dalam razia bersama sipir rutan tersebut, petugas menggeledah kamar hunian narapidana atau warga binaan.

"Penggeledahan tersebut untuk memeriksa apakah ada narkoba maupun alat yang terkait barang terlarang tersebut. Penggeledahan ini untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di dalam rutan," katanya.

Baca juga: Puluhan petugas razia Lapas Banda Aceh cegah peredaran narkoba, begini hasilnya

Dalam penggeledahan tidak ditemukan narkoba maupun alat terkait barang terlarang tersebut. Akan tetapi, petugas menyita sejumlah benda tajam, benda tumpul, alat mengecas baterai telepon seluler, serta lainnya yang tidak 

"Barang-barang tersebut disita karena tidak diperbolehkan berada dalam kamar narapidana. Selanjutnya, barang-barang tersebut diamankan pihak Rutan Banda Aceh," katanya.
 

Selain menggeledah kamar warga binaan, petugas BNN juga melakukan tes urine tersebut terhadap 30 narapidana yang dipilih secara acak. Tes urine dilakukan untuk memastikan apakah ada narapidana menggunakan narkoba atau tidak.

"Dari hasil tes urine, ke-30 warga binaan tersebut dinyatakan negatif atau tidak menggunakan narkoba. Kami juga mengingatkan narapidana tidak terlibat peredaran dan penyalahgunaan narkoba di dalam rutan," katanya.

Sebelumnya, BNN Provinsi Aceh juga merazia narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banda Aceh serta melakukan tes urine secara acak terhadap 30 narapidana. Dari hasil tes urine tersebut, ke-30 narapidana tersebut dinyatakan negatif.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh Yudi Suseno mengapresiasi BNNP Aceh yang melakukan razia pencegahan dan penyalahgunaan narkoba tersebut.

"Razia mendadak tersebut menjadi efek kejut bagi warga binaan serta bahan evaluasi bagi petugas untuk lebih meningkatkan pengawasan. Apalagi Lapas Banda Aceh sudah ditetapkan sebagai lapas bersinar atau bersih narkoba," kata Yudi Suseno.

Baca juga: Kalapas Lhoksukon Aceh Utara dinonaktifkan dari jabatan untuk pemeriksaan, buntut dari razia Lapas

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023